Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2155 (Softcopy SK-1637)
Collection Type Skripsi
Title Motivasi Guru Sekolah dalam Mempelajari Social Engineering: Perspektif Protection Motivation Theory
Author Aryo Wirapradana;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2155 (Softcopy SK-1637) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51393
ABSTRAK Nama : Aryo Wirapradana Program Studi : Sistem Informasi Judul : Motivasi Guru Sekolah dalam Mempelajari Social Engineering: Perspektif Protection Motivation Theory Pembimbing : Amril Syalim, S.Kom., M.Eng., Ph.D. Social Engineering adalah ancaman digital non-teknis yang menargetkan aspek interaksi manusia untuk mengelabui korbannya dan mencapai suatu tujuan tertentu. Serangan Social Engineering seperti email phishing, link mencurigakan, atau impersonasi pihak terpercaya dapat menargetkan semua orang. Salah satu kelompok yang dapat menjadi korban Social Engineering adalah guru sekolah. Apabila guru sekolah menjadi korban Social Engineering, maka dampaknya bisa menjadi lebih buruk, karena terdapat kemungkinan guru memiliki data sensitif dirinya dan siswanya. Salah satu metode penanggulangan Social Engineering adalah melalui pembelajaran, baik secara mandiri maupun tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi guru untuk mempelajari Social Engineering. Protection Motivation Theory (PMT) digunakan sebagai basis teori. Penelitian ini akan menguji apakah variabel pada model PMT dapat digunakan untuk menjelaskan motivasi guru untuk mempelajari Social Engineering. Model penelitian dibentuk melalui pembelajaran dari penelitian PMT dengan konteks Social Engineering terdahulu. Penelitian berhasil mendapatkan 204 responden valid berupa guru sekolah di Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM dibantu oleh aplikasi SmartPLS 3. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa pandangan guru mengenai konsekuensi dan kerentanan diri terhadap social engineering berhubungan secara positif dengan rasa khawatir guru terhadap ancaman social engineering. Namun, rasa khawatir tidak terbukti berhubungan positif dengan intensi guru untuk mempelajari social engineering. Selain itu, pandangan guru terhadap kemampuan belajar pribadi, efektifitas penanggulangan, serta rasa tanggung jawab pribadi guru terbukti berhubungan positif dengan intensi guru untuk mempelajari social engineering. Kata kunci: Social Engineering, Protection Motivation Theory, PMT, Guru, PLS-SEM