Tidak ada review pada koleksi ini: 51411
ABSTRAK
Nama : Celine Ivo, Fiorentine Phillips, Muchlisah Lusiambali
Program Studi : Sistem Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Usability dan Pembaruan Desain Antarmuka Aplikasi
Mobile JKN oleh BPJS Kesehatan
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D., Bintang Annisa
Bagustari, S.Kom., M.Kom.
e-Government adalah penggunaan internet sebagai alat bantu dalam menyampaikan
informasi dan layanannya dari pemerintah kepada masyarakatnya. Salah satu contoh
aplikasi e-Government adalah aplikasi Mobile JKN oleh BPJS Kesehatan. Pada tahun
2017, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperkenalkan
aplikasi Mobile JKN ke seluruh Indonesia. Walaupun aplikasi Mobile JKN sudah
berumur enam tahun dari waktu perilisan, sampai saat ini masih banyak pengguna yang
menyampaikan banyak keluhan dan beberapa kebutuhan mereka masih belum terjawab.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan
memanfaatkan pendekatan User-Centered Design (UCD) sebanyak dua kali iterasi dan
penerapan teori Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design untuk proses
pengembangan solusi desain alternatif. Penulis menggunakan metode mixed methods,
yaitu metode campuran yang menggabungkan pengumpulan dan analisis data secara
kuantitatif dan kualitatif. Penulis melakukan penilaian usability menggunakan SUS dan
mendapatkan hasil rata-rata SUS sebesar 32,98 atau grade F (Poor) dari 213 responden
valid kuesioner daring. Penulis juga melakukan evaluasi usability pada desain aplikasi
existing melalui Usability Testing (UT) kepada 10 partisipan UT dengan hasil akhir
rata-rata success rate sebesar 72,5%. Setelah mendapatkan insight dari data kuantitatif,
kualitatif, dan hasil evaluasi awal, penulis memutuskan untuk merancang desain
alternatif pada 12 fitur utama aplikasi Mobile JKN serta menambahkan fitur baru untuk
aplikasi Mobile JKN. Selain itu, penulis juga melakukan proses evaluasi usability
rancangan desain alternatif melalui Usability Testing (UT) tahap akhir kepada 15
partisipan UT dengan hasil akhir rata-rata success rate mencapai 96,1%. Berdasarkan
hasil pelaksanaan UT tahap akhir, terdapat saran perbaikan dari partisipan sehingga
penulis memutuskan untuk menerapkan 40 saran perbaikan dan diimplementasikan pada
perbaikan desain alternatif. Penilaian usability dengan menggunakan SUS dilakukan
pada solusi desain alternatif dan mendapatkan hasil rata-rata SUS dari 36 partisipan
sebesar 83,26 atau grade A (Excellent).
Kata kunci: e-Government, aplikasi Mobile JKN, User-Centered Design (UCD),
usability, mixed methods, Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design, solusi
desain alternatif