Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1749 (Softcopy KA-1740) MAK KA-1383
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Peningkatan Kualitas Penerapan Scrum dalam Pengembangan Aplikasi Berdasarkan CMMI V2.0 : Studi Kasus Mobile Apps ABC di Bank XYZ
Author Noviana Pramitasari;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2023
Subject Scrum
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1749 (Softcopy KA-1740) MAK KA-1383 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51488
ABSTRAK

Nama : Noviana Pramitasari Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Peningkatan Kualitas Penerapan Scrum dalam Pengembangan Aplikasi Berdasarkan CMMI V2.0: Studi Kasus Mobile Apps ABC di Bank XYZ Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc. Kodrat Mahatma, S.T., M.Kom.

Bank XYZ mengembangkan Mobile Apps ABC, sebuah aplikasi Super Apps, yang digunakan untuk mendukung kebutuhan nasabah dan pencapaian target bisnis. Metode Scrum yang digunakan dalam pengembangan ABC belum optimal. Dari data terlihat bahwa belum tercapainya target bisnis dan IT Bank XYZ, salah satunya karena terdapat keterlambatan implementasi fitur penting produk ABC. Penelitian mixed method ini melakukan evaluasi proses yang berjalan dengan menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI V2.0). Mengacu pada Common Business Problem dalam dokumen Adoption and Transition Guidance terpilih 8 practice area dengan total 73 praktik. Berdasarkan Standard CMMI Appraisal Method for Process Improvement (SCAMPI) dihasilkan capability level untuk practice area sebagai berikut: IRP, PLAN, GOV, II di level 3; RDM, EST, MC di level 2; serta RSK di level 1. Dari 73 praktik, 59 praktik telah tercapai berdasarkan CMMI V2.0 atau sekitar 80% dari ruang lingkup practice area pada penelitian ini. Rekomendasi disusun dengan analisis weakness dari SCAMPI dan Underlying Causes dari CMMI V2.0 didapatkan 11 rekomendasi perbaikan yang telah divalidasi oleh perwakilan bank studi kasus. Saran untuk penelitian berikutnya dilakukan tahap Deploy Improvement, dan Assess Capability sesuai Adoption and Transition Guidance Circle CMMI V2.0, untuk mengukur kembali impact rekomendasi yang telah diberikan.