Call Number | SK-2287 (Softcopy SK-1769) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka M.TIX Sebagai Platform Pembelian Tiket Secara Daring |
Author | Hasna Safira Zahra dan Muhammad Ivan Radman; |
Publisher | Depok, Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Usability, interface design, ticket purchase platform, e-ticketing, M.Tix, user-centered design |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2287 (Softcopy SK-1769) | TERSEDIA |
Nama : Hasna Shafira Zahra, Muhammad Ivan Radman Program Studi : Sarjana Sistem Informasi Judul : Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka M.Tix sebagai Platform Pembelian Tiket secara Daring Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng. E-ticketing atau tiket elektronik adalah suatu cara untuk mendokumentasikan aktivitas transaksi pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik atau tiket kertas. M.Tix merupakan sebuah platform resmi dari Cinema XXI yang menyediakan layanan pembelian tiket film di bioskop mereka secara online, baik melalui website maupun aplikasi. Sebagai franchise bioskop terbesar dan terpopuler di Indonesia, Cinema XXI ingin memberikan pelayanan maksimal dengan menyediakan fasilitas untuk memesan tiket secara online. Namun, dari evaluasi singkat yang dilakukan terhadap aplikasi M.Tix, terdapat beberapa kekurangan dari segi usability. Penelitian ini bertujuan untuk memahami permasalahan yang dialami, merancang desain alternatif, dan meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan aplikasi M.Tix. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka alternatif aplikasi M.Tix yang dirancang menggunakan metode user-centered design (UCD). Berdasarkan tahapan pengumpulan data seperti landasan teori, kuesioner, dan wawancara pengguna, dilakukan pengembangan desain antarmuka alternatif terhadap 32 halaman utama aplikasi M.Tix. Selain itu, evaluasi desain antarmuka dan usability juga dilakukan terhadap desain antarmuka as-is dan desain antarmuka alternatif dengan menggunakan usability testing, contextual interview, dan system usability scale (SUS). Penelitian ini menghasilkan rancangan perbaikan desain antarmuka alternatif dalam bentuk clickable prototype dengan success rate 100%, dan rata-rata nilai SUS dengan skor 82,65 yang menunjukkan bahwa desain antarmuka alternatif aplikasi M.Tix memiliki usability yang baik. Penelitian ini ditutup dengan pemberian saran yang dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian di masa depan. Kata kunci: Usability, desain antarmuka, platform pembelian tiket, e-ticketing, M.Tix, user-centered design