Call Number | SK-2299 (Softcopy SK-1781) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Gramedia Digital |
Author | Alkhadrina Rasyidah Azzah Zahra dan Nirwana Pratiwi; |
Publisher | Depok, Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Usability Evaluation |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2299 (Softcopy SK-1781) | TERSEDIA |
Nama : Alkhadrina Rasyidah Azzah Zahra, Nirwana Pratiwi Program Studi : Sarjana Sistem Informasi Judul : Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Gramedia Digital Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Dr. Baginda Anggun Nan Cenka, S.Kom., M.Kom. Perkembangan teknologi telah mengubah pola aktivitas literasi masyarakat, dengan akses mudah melalui sumber bacaan digital. Gramedia Digital merupakan salah satu sumber bacaan digital yang dapat mendukung minat baca masyarakat Indonesia. Akan tetapi, rating 3,1/5 pada Google Play Store menunjukkan kekurangan dari segi usability pada aplikasi Gramedia Digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memahami masalah pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut. Evaluasi usability awal pada aplikasi Gramedia Digital saat ini dilakukan menggunakan kuesioner online, System Usability Scale (SUS), usability testing, dan contextual interview. Hasil evaluasi usability awal menunjukkan bahwa 95 dari 125 responden merasa desain aplikasi tidak memenuhi kebutuhan membaca pengguna. Oleh karena itu, hal tersebut memicu perlunya solusi desain alternatif dari aplikasi Gramedia Digital. Desain alternatif yang dirancang menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Evaluasi usability dari solusi desain alternatif dilakukan menggunakan usability testing dan contextual interview yang melibatkan 10 peserta. Berdasarkan hasil usability testing, solusi desain alternatif memiliki nilai sangat baik dengan success rate 97,8% disertai komentar positif saat contextual interview, yaitu memenuhi kebutuhan membaca, memotivasi pengguna untuk terus membaca, dan mudah digunakan. Kata kunci: Usability, Gramedia Digital, User-Centered Design, E-Reader