Call Number | SK-2305 (Softcopy SK-1787) File ada di CD Kapasitas Besar |
Collection Type | Skripsi |
Title | Perancangan dan Evaluasi Desain Aplikasi Penyewaan Produk Glamor dan Occasional dengan Pendekatan User-Centered Design |
Author | Evan Christopher Samosir/Maria Margaretha Stella Kalyanaduhita Tisera/Muhammad Raihan Adliputra; |
Publisher | Depok, Fasilkom UI, 2024 |
Subject | User-Centered Design |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2305 (Softcopy SK-1787) File ada di CD Kapasitas Besar | TERSEDIA |
Nama Mahasiswa : Evan Christopher Samosir, Muhammad Raihan Adliputra, Maria Margaretha Stella Kalyanaduhita Tisera Program Studi : Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Judul : Perancangan dan Evaluasi Desain Aplikasi Penyewaan Produk Glamor dan Occasional dengan Pendekatan User-Centered Design Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Muhammad Mishbah, M.Kom. Penumpukan limbah tekstil masih menjadi masalah yang terus berlanjut hingga hari ini. Terlebih di Indonesia sendiri, Indonesia dicatat sebagai penyumbang polusi air kedua terbesar dari keanggotaan G20 lainnya pada tahun 2015. Hal tersebut merupakan akibat dari tingginya angka konsumerisme pakaian pada tahun tersebut, menjadi salah satu halangan terbesar untuk mencapai sustainability. Di lain sisi, kegiatan reuse serta product sharing (sewa-menyewa produk fashion) merupakan salah satu solusi potensial terbesar untuk menekan angka konsumerisme yang ada. Namun, penelitian dan perancangan platform penyewaan produk fashion berbasis C2C (Customer to Customer) masih sangat terbatas di Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perancangan aplikasi penyewaan produk fashion glamor dan occasional dengan menggunakan pendekatan user-centered design. Dalam merancang aplikasi, penulis juga mengikuti aturan dari Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Berdasarkan hasil dari survei dan wawancara, terdapat 15 fitur yang berhasil terimplementasi, yakni Halaman Autentikasi dan Verifikasi, Tutorial, Onboarding, Profil Pengguna, Product Listing, Asuransi Pengguna, Explore Page, Check-out Produk, Fitur Try-on Produk, Fitur Chat Session, Fitur Ulasan Produk, Fitur Penarikan Dana, Fitur Lapor atau Report, Fitur Wishlist, serta Fitur Lacak Pesanan. Setelah rancangan fitur berhasil terbuat, evaluasi desain dilakukan dengan menggunakan Usability Testing (UT), wawancara kontekstual, dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi UT dinilai menggunakan success rate dengan nilai yang didapatkan sebesar 100%. Selanjutnya, hasil evaluasi SUS menghasilkan skor rata-rata 83,5, yang menunjukkan bahwa rancangan aplikasi yang diberikan masuk dalam kategori A (Excellent). Hal ini juga menyimpulkan bahwa aspek usability dari rancangan aplikasi tersebut tergolong sangat baik. Kata kunci: Aplikasi penyewaan produk fashion, customer to customer, sustainability, usercentered design.