Call Number | SK-2318 (Softcopy SK-1800) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor yang Memengaruhi niat Berpindah ke Layanan Telekomunikasi dengan Pendekatan Affordance: Studi Kasus HALODOC |
Author | Isabelle Yansim/Nathanael Horasi Ondiraja/Regina Febrian Pehry; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | switching intention |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2318 (Softcopy SK-1800) | TERSEDIA |
Nama : Isabelle Yansim; Nathanael Horasi Ondiraja; Regina Febrian Pehry Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat Berpindah ke Layanan Telekonsultasi dengan Pendekatan Affordance: Studi Kasus Halodoc Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Dr. Nabila Clydea Harahap, S.Kom., M.Kom. Kemajuan pesat di bidang teknologi digital telah menghadirkan perubahan yang signifikan di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Salah satunya adalah munculnya layanan telekonsultasi yang memungkinkan individu untuk melakukan konsultasi medis secara jarak jauh. Melalui studi kasus Halodoc, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna untuk beralih dari metode konsultasi konvensional ke platform telekonsultasi Halodoc, dengan menggunakan pendekatan affordance. Pendekatan mixed-method digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan 10 responden pada tahap kualitatif, yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor affordance perception dari platform telekonsultasi Halodoc. Terdapat enam konstruk affordance perception yang teridentifikasi dari layanan telekonsultasi Halodoc, yakni accessibility, appointment scheduling, reminder, health data sharing, payment, dan information clarity. Sementara itu, pada tahap kuantitatif penelitian, data 413 responden dilakukan analisis dengan metode PLS-SEM untuk memahami interaksi variabel-variabel pada model penelitian. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa health data sharing affordance dan information clarity affordance berhasil memengaruhi niat beralih pengguna ke platform telekonsultasi secara signifikan melalui variabel social presence dan perceived usefulness. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat berpindah ke layanan telekonsultasi dan dapat membantu pengembangan strategi untuk meningkatkan penggunaan layanan telekonsultasi. Kata kunci: Telekonsultasi, Affordance, Halodoc, TAM, Social Presence, Switching Intention¸ Grounded Theory, SEM-PLS