Call Number | SK-2367 (Softcopy SK-1849) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Pengaruh Karakteristik Konten Gai (Generative Artificial Intelligence) Dalam Meningkatkan User Engagement Terhadap Content Creator: Studi Kasus Tiktok |
Author | Dominikus Kern Bunardi/ Joya Ruth Amanda Pane/ Said Abdurrahman; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Generative Artificial Intelligence |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2367 (Softcopy SK-1849) | TERSEDIA |
Nama : Dominikus Kern Bunardi, Joya Ruth Amanda Pane, Said Abdurrahman Program Studi : Sistem Informasi/Ilmu Komputer Judul : ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK KONTEN GAI (GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MENINGKATKAN USER ENGAGEMENT TERHADAP CONTENT CREATOR: STUDI KASUS TIKTOK Pembimbing 1 : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : Hana Fitriani, M.Sc. Teknologi generatif AI memiliki dampak yang besar dalam industri global. Salah satunya pada industri kreatif, khususnya pada platform media sosial TikTok, di mana content creator dapat memanfaatkan Generative Artificial Intelligence (GAI) untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi secara cepat dan efisien. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh konten GAI terhadap keterlibatan pengguna (user engagement) melalui sikap dan emosi dengan menggabungkan metode mixed-method, termasuk wawancara kualitatif dengan 16 partisipan dan survei kuantitatif dari 423 responden yang dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasilnya menunjukkan bahwa enam karakteristik utama konten GAI—hiburan, efektivitas informasi, kreativitas, kredibilitas, iritasi, dan personalisasi—berperan penting dalam membentuk emosi dan sikap pengguna. Temuan ini mengungkap bahwa karakteristik seperti hiburan, efektivitas informasi, kreativitas, kredibilitas, dan personalisasi secara signifikan memengaruhi keterlibatan pengguna melalui emosi dan sikap mereka. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memperluas pemahaman tentang hubungan antara konten GAI dan user engagement di media sosial, tetapi juga memberikan panduan praktis bagi content creator untuk mengembangkan strategi konten yang lebih menarik dan sesuai dengan preferensi audiens sehingga meningkatkan interaksi dan popularitas mereka di TikTok. Kata kunci: Generative Artificial Intelligence (GAI), user engagement, TikTok, content creator, Grounded Theory, entertainment, effectiveness of information, creativity, credibility, personalization, emotion, attitude.