Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2391 (Softcopy SK-1873)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Pengaruh Socio-Technical Enabler terhadap Consumer Trust dan Behavior dalam Live Streaming Shopping E-commerce
Author Aiko Sulaiman, Alma Aqila Hansa, Sophie Andira Cindani Gardian;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject Consumer Trust dan Behavior
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2391 (Softcopy SK-1873) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55435
ABSTRAK

Nama : Aiko Sulaiman, Alma Aqila Hansa, Sophie Cindani Gardian Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Socio-Technical Enabler terhadap Consumer Trust dan Behavior dalam Live Streaming Shopping E-commerce Pembimbing : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc Hana Fitriani, S.Kom, M.Sc Dalam era digital yang semakin berkembang, khususnya setelah pandemi, penggunaan platform e-commerce untuk berbelanja online meningkat pesat di Indonesia, dengan tren live streaming shopping menjadi salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian konsumen. Namun, meskipun popularitasnya meningkat, kegiatan berbelanja melalui live streaming di e-commerce Indonesia sering menghadapi berbagai masalah yang mengganggu kepercayaan konsumen yang merupakan salah satu elemen kunci dalam membentuk niat pembelian dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual di live streaming ecommerce. Teori socio-technical dan teori trust transfer digunakan untuk mengidentifikasi hubungan faktor social enabler dan technical enabler terhadap kepercayaan konsumen dan perilaku pembelian aktual. Penelitian ini dilakukan dengan 785 responden yang dianalisis menggunakan PLS-SEM, dan dilanjutkan dengan wawancara kualitatif dengan 30 responden yang dianalisis melalui content analysis untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor social enabler, yaitu active control, two-way communication, dan synchronicity, serta faktor technical enabler seperti visibility affordance dan guidance shopping affordance, terbukti meningkatkan kepercayaan terhadap platform, streamer, dan produk. Aspek technical enabler lainnya, yaitu metavoicing affordance, tidak berpengaruh signifikan terhadap trust in streamer. Kepercayaan pada streamer juga terbukti mempengaruhi kepercayaan pada produk, sesuai dengan teori trust transfer. Niat pembelian dalam live streaming juga terbukti dipengaruhi oleh consumer trust dan kemudian berpengaruh terhadap actual purchase. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan live streaming, terkhusus pihak pengembangnya, mengenai aspek live streaming apa saja yang berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan dan perilaku pembelian konsumen. Kata Kunci: live streaming shopping, e-commerce, teori socio-technical, interactivity, IT affordance, teori trust transfer, consumer trust, purchase intention, actual purchase, PLSSEM