Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1877 (Softcopy KA-1862) MAK KA-1508
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan Berkelanjutan Livestream Shopping pada Social Commerce
Author Kamila Alifia Imanuddin;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2024
Subject Continuance Intention
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1877 (Softcopy KA-1862) MAK KA-1508 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55712
ABSTRAK

Live streaming merupakan inovasi teknologi yang populer untuk penyiaran berita, hiburan, dan pemasaran. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, berbelanja lewat live streaming, atau biasa disebut dengan livestream shopping menjadi tren yang mengubah pengalaman belanja online. Akan tetapi, mayoritas survei di internet menyatakan livestream shopping pada social commerce masih kalah bersaing dengan livestream shopping pada e-commerce, baik dari segi jumlah pengguna, transaksi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penyedia layanan livestream shopping pada social commerce perlu memahami bagaimana cara mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong niat penggunaan berkelanjutan livestream shopping pada social commerce. Model penelitian dibangun dengan mengadopsi model S-O-R (stimulus-organism-response). Personalization, visibility, susceptibility to informational influence, dan co-creation behaviour merupakan stimulus. Trust in products, trust in streamers, dan perceived value merupakan organism, sedangkan niat penggunaan berkelanjutan livestream shopping pada social commerce merupakan response. Dengan menerapkan mixed methods, data kuantitatif dari 572 responden dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan Covariance-Based Structural Equation Modeling. Selanjutnya, dilakukan wawancara untuk mengumpulkan informasi yang tidak dapat diperoleh dengan kuesioner. Data dari 16 narasumber diolah menggunakan teknik analisis konten. Penelitian ini menghasilkan wawasan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna dalam konteks pasca-adopsi livestream shopping pada social commerce. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa semua konstruk dapat memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan livestream shopping pada social commerce, tetapi hanya trust in products dan perceived value yang dapat memberikan pengaruhnya secara langsung. Hasil penelitian ini digunakan untuk menyusun rekomendasi bagi para penyedia layanan guna membantu mempertahankan pelanggannya.