Call Number | T-1405 (Softcopy T-1114) TR-CSUI-77 MAK PI-205 |
Collection Type | Tesis |
Title | Rancangan Lingkungan Pembelajaran Daring Berdasarkan Profiling Literasi Digital di Tingkat Sekolah Menengah Atas |
Author | Ratu Syafianisa Nuzulismah; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Pembelajaran Daring |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-1405 (Softcopy T-1114) TR-CSUI-77 MAK PI-205 | TERSEDIA |
Nama : Ratu Syafianisa Nuzulismah Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Rancangan Lingkungan Pembelajaran Daring Berdasarkan Profiling Literasi Digital Di Tingkat Sekolah Menengah Atas Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus. Pembelajaran di abad ke-21 menekankan pembelajaran yang memerlukan literasi digital sebagai salah satu faktor internal yang penting dalam kesiapan mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. Penelitian terkait asesmen atau pembentukan profil literasi digital telah banyak dilakukan, tetapi tidak dilanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu pemetaan terhadap pembelajaran dan implementasinya dalam lingkungan pembelajaran daring. Ditambah lagi, penelitian terkait literasi digital di jenjang sekolah menengah masih sangat jarang dilakukan meski kemampuan tersebut dibutuhkan untuk kesuksesan pembelajaran dengan teknologi. Penelitian ini berfokus pada merancang lingkungan pembelajaran daring berdasarkan profiling literasi digital menggunakan pendekatan embed mixed method dan memanfaatkan User-Centered Design. Terdapat empat luaran utama, yaitu profiling literasi digital, rancangan aktivitas lingkungan pembelajaran daring, rancangan purwarupa antarmuka lingkungan pembelajaran daring, dan hasil evaluasi rancangan lingkungan pembelajaran daring. Hasil dari penelitian menemukan bahwa di tingkat Sekolah Menengah Atas, level literasi digital guru dan siswa masih pada tingkat yang sama. Namun, usulan rancangan purwarupa antarmuka serta aktivitas pembelajaran berdasarkan profiling literasi digital dapat menyesuaikan dengan kemampuan literasi digital dan kebutuhan pembelajaran, sehingga dapat menjadi konsep acuan untuk merancang lingkungan pembelajaran daring secara nyata. Hasil evaluasi juga menemukan bahwa usulan rancangan telah sesuai dengan konsep Pedagogy of Care. Peneliti merekomendasikan untuk menambahkan sekolah sample dan melakukan implementasi nyata untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci: Profiling literasi digital, rancangan lingkungan pembelajaran daring, DigComp 2.1, User-Centered Design, purwarupa, aktivitas pembelajaran