Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2483 (Softcopy SK-1965)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Desain Chatbot Berbasis Generative Artificial Intelligence pada Student-Centered E-learning Environment (scele) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dengan Pendekatan User-Centered Design
Author Elfraera Winson Barry L.Tobing;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject chatbot usability questionnaire (CUQ)
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2483 (Softcopy SK-1965) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55949
ABSTRAK

Nama : Elfraera Winson Barry L. Tobing Program Studi : Sarjana Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Desain Chatbot Berbasis Generative Artificial Intelligence pada Student-Centered e-Learning Environment (SCELE) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dengan Pendekatan User-Centered Design Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Dr.Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi secara khusus large language models (LLM) melahirkan model generative AI (Gen AI) seperti GPT. GPT memungkinkan pengembangan chatbot berbasis Gen AI seperti ChatGPT. Namun, chatbot berbasis Gen AI belum diimplementasikan pada Student-Centered e-Learning Environment (SCeLE) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) yang merupakan media pembelajaran di Fasilkom UI. Mahasiswa harus berpindah platform untuk dapat mengakses chatbot sembari membuka SCeLE. Sering berpindah platform dalam mengerjakan suatu tugas merupakan hal yang kurang efisien. Selain itu, sumber informasi di SCeLE lebih terpercaya karena sudah dikurasi oleh dosen pengampu, sedangkan informasi dari GPT berpotensi tidak sejalan dengan materi pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian berupa pengembangan chatbot ini dilakukan dengan tujuan mengimplementasikan desain chatbot dalam bentuk plugin di SCeLE yang sesuai dengan kebutuhan pengguna SCeLE Fasilkom UI serta mengetahui hasil evaluasi chatbot usability questionnaire (CUQ) dan usability testing (UT) terhadap program chatbot. Sebelum mengembangkan solusi desain, dilakukan pula penelitian untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa Fasilkom UI terhadap chatbot berbasis Gen AI serta pemilihan desain dan fitur chatbot yang akan diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan metode user-centered design (UCD) yang menghasilkan solusi desain chatbot berbentuk mockup yang menggunakan Figma dan program chatbot berbentuk plugin yang menggunakan ReactJS. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner, dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI memiliki pandangan positif terhadap penggunaan chatbot berbasis Gen AI dalam pembelajaran, namun diperlukan perubahan sistem/metode pembelajaran untuk mengurangi dampak negatif chatbot. Melalui hasil wawancara dan kuesioner juga diperoleh pilihan desain dan fitur chatbot yang akan diimplementasikan pada tahap berikutnya. Selanjutnya, pengembangan desain dan program chatbot dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner. Evaluasi program chatbot dilakukan setelah pengembangan chatbot. Hasil CUQ menunjukkan rata-rata hasil akhir CUQ sebesar 70,54% dan hasil UT menunjukkan 80% responden mampu menyelesaikan task tanpa kesalahan dengan rata-rata durasi pengerjaan task selama 18,93 detik, menandakan program chatbot sudah cukup baik untuk tahap awal, namun diperlukan peningkatan di pengembangan selanjutnya. Dengan demikian, penelitian ini mampu mengimplementasikan antarmuka chatbot berbasis Gen AI dalam bentuk plugin untuk SCeLE Fakultas Ilmu Komputer UI berdasarkan kebutuhan pengguna serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian lanjutan.