| Call Number | SK-2593 (softcopy SK-2075) |
| Collection Type | Skripsi |
| Title | Analisis Fitur-fitur Massive Open Online Courses dalam Mendukung Keterampilan Online Self-Regulated Learning pada Pembelajaran Berbasis Micro Learning |
| Author | Hikam Fajduani, Reza Taufiq Yahya, Yoozu Abiyyu Verisson; |
| Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 |
| Subject | Massive Open Online Courses (MOOCs) |
| Location | FASILKOM-UI; |
| Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
|---|---|---|
| SK-2593 (softcopy SK-2075) | TERSEDIA |
Nama : Hikam Fajduani : Reza Taufiq Yahya : Yoozu Abiyyu Verisson Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Analisis Fitur-Fitur Massive Open Online Courses dalam Mendukung Keterampilan Online Self-Regulated Learning pada Pembelajaran Berbasis Micro Learning Pembimbing : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. : Dr. Baginda Anggun Nan Cenka, S.Kom., M.Kom. Pembelajaran daring melalui platform Massive Open Online Courses (MOOCs) semakin populer di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa. Namun, rendahnya tingkat penyelesaian kursus menandakan adanya tantangan dalam keterlibatan dan keberhasilan belajar, yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya keterampilan self-regulated learning (SRL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fitur-fitur MOOCs dalam mendukung keterampilan SRL dalam konteks pembelajaran berbasis micro-learning. Penelitian dilakukan secara kualitatif dan menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) dalam pengembangan desain prototipe. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur terhadap sepuluh mahasiswa yang merupakan pengguna MOOCs dan tiga orang pakar di bidang terkait. Peneliti mengidentifikasi 11 fitur pada platform MOOCs yang mendukung penerapan strategi SRL, lalu mengembangkan desain prototipe fitur MOOCs yang merupakan peningkatan fitur yang sudah diidentifikasi sebelumnya dan penambahan fitur baru yang bertujuan untuk mengoptimalkan dukungan terhadap strategi SRL. Selanjutnya, dilakukan evaluasi prototipe melalui usability testing menggunakan Maze dan wawancara kontekstual. Evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain prototipe yang dikembangkan memiliki usability score yang baik, dengan rata-rata skor 78,15 yang dikategorikan sebagai acceptable menurut System Usability Scale (SUS). Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis dan praktis terkait penerapan SRL pada pembelajaran daring dan pengembangan fitur MOOCs yang lebih mendukung pembelajaran mandiri.