Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-0313 (Softcopy T-0644)
Collection Type Tesis
Title Perancangan Sistem Informasi Jasa Angkutan barang studi kasus : PT XYZ
Author Eddy Utomo;
Publisher Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2002
Subject Strategic planning--Indonesia --Case studies; Information systems and networks
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-0313 (Softcopy T-0644) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 8754
ABSTRAK

Sekarang ini adalah era globalisasiinformasi hal ini menjadikan informasi merupakan sesuatu yang sangat penting dan aset yang sangat berharga. Suatu perusahaan yang bergerak dibidang bisnis yang menguasai atau telah memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal akan dapat memperoleh keunggulan dalam persaingan bisnis dan memperoleh banyak keuntungan. Perusahaan XYZ bergerak dibidang Jasa Angkutan Barang yang berkonsentrasi pada dua tempat tujuan pengiriman barang yaitu dari Surabaya-Jakarta dan sebaliknya dengan menggunakan Kereta Api. Sampai saat ini sistem yang berjalan sepenuhnya masih manual dan belum terkomputerisasi. Sehingga ruang gerak proses bisnis yang berjalan kurang dapat berkembang secara lebih optimal. Banyak permasalahan yang sering muncul karena kurang efisien dan efektifnya aktifitas operasional dalam memanfaatkan informasi yang ada. Sehingga berdampak pada pelayanan kepuasan pelanggan, tingginya biaya operasional, kesulitan dalam pengambilan keputusan bagi tingkat pimpinan untuk penentukan kebijakan dan koordinasi kerja yang kurang optimal serta tidak terjalin dengan rapi antar bagian unit kerja antara Kantor Pusat dan Kantor Cabang. Perancangan Sistem Informasi Jasa Angkutan Barang (SIJAB) pada studi kasus perusahaan XYZ mempunyai sasaran pada penekanan efisiensi proses kerja atau aktifitas operasional perusahaan, memaksimalkan produktifitas perusahaan serta dapat sebagai masukan dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat, cermat dan akurat bagi tingkat pimpinan untuk menentukan kebijakan perusahaan. Sasaran lainnya dapat dihasilkan suatu bakuan proses kerja pada tiap bagian unit kerja maupun antara Kantor Pusan dan Kantor Cabang yang lebih terkoordinasi dengan baik. Sehingga berujung pada pencapaian hasil yang maksimal pada pelayanan kepuasan pelanggan (misalnya penanganan order keluhan tagian distribusi barang dan lain-lain), menaikan citra perusahaan, dan dapat menekan biaya operasional yang akan berakibat pada kenaikan keuntungan pendapatan perusahaan.Perancangan Sistem Informasi Jasa Angkutan Barang (SIJAB) menggunakan pendekatan metodologi prototyping dan metodologi SDLC (system development life cycle) melalui beberapa tahapan. Tahapan pada metodologi SDLC ini, dimulai dari tahap perencanaan dimana akan dilakukan studi kelayakan pada perusahaan dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada misalnya keluhan pelanggan proses tagiahan proses distribus proses bongkar muat pembuatandokumen dan lain-lain. Permasalahan yang telah teridentifikasi akan dilakukan analisis untuk mendefinisikan kebutuhan informasi, kemudian akan dirancang suatu sistem yang baru atau diperbarui dengan berbasis komputerisasi. Bertolak dari hasil tahap desain sistem ini akan diperoleh suatu prototipe sistem baru yang dapat diimplementasikan. Ruang lingkup dan batasan proyek ini adalah sampai pengimplementasian perancangan Sistem Informasi yang meliputi pernacangan aliran proes / data perancangan basisdata dan permodelan networking.