ABSTRAK
ABSTRAK
Data Mining adalah sebuah proses menganalisa data dari berbagai perspektif
dan menyimpulkannya menjadi informasi yang berguna yaitu informasi yang
dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan pendapatan, mengurangi
pengeluaran, dan sebagainya.
PT. WEB sebagai perusahaan yang memberikan layanan web hosting
senantiasa memerlukan informasi tentang profil dari pelanggannya dalam rangka
meningkatkan kepuasan pelanggan akan pelayanan dan kualitas produk yang
disediakan. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam rangka
pengambilan keputusan berkaitan dengan strategi perusahaan dalam menghadapi
persaingan di dunia web hosting.
Tesis ini mengangkat studi kasus pengembangan data mining dengan
menggunakan metodologi FAST (Framework for the Application of System
Techniques) yang dimodifikasi dimana meliputi analisa, perancangan dan
implementasi data mining pada layanan web hosting PT. WEB. Implementasi
dilakukan dengan menggunakan XpertRule Miner 1.54 dari Attar Software.
Tesis ini berhasil menemukan 160 pola yang berhubungan dengan layanan
web hosting PT. WEB. Pola-pola yang ditemukan ini menunjukkan beberapa
profil pelanggan seperti preferensi sebagian pelanggan PT.WEB yang berasal dari
dalam negeri untuk lebih memilih server dalam negeri. Data mining membantu
proses bisnis web hosting PT.WEB yang kompleks menjadi lebih mudah
dipahami melalui penemuan pola-pola tersebut. Pola yang ditemukan kemudian
dapat dianalisa untuk meningkatkan daya saing PT. WEB dalam dunia web
hosting.
Kata kunci: Data Mining
x+95 halaman; 25 gambar; 15
|