Dalam rangka mengintegrasikan proses bisnis internal organisasi, PT. DKSH
Healthcare mengembangkan sebuah sistem intranet untuk keperluan operasional
internal. Sistem intranet ini kemudian disebut Internal Office System (IOS
DKSH) DKSH. Penerapan sistem diharapkan dapat meningkatkan performa kerja
internal organisasi.
IOS DKSH terdiri dari empat modul utama, yaitu modul Human Resource (HR)
Management, modul Finance Management, modul Information Technology (IT)
Assets Management, serta modul Information Center and Helpdesk Support.
Keempat modul ini mencakup proses bisnis internal organisasi pada departemen
HR, departemen Finance, dan departemen IT.
Laporan kerja praktik ini merupakan laporan hasil pengembangan modul
Information Center and Helpdesk Support (ICHS) pada IOS DKSH. Modul ICHS
adalah modul yang mencakup proses bisnis pada departemen IT. Adapun proses
bisnis tersebut adalah helpdesk’s activity tracking, booking item borrowing, dan
information center.
Proses bisnis helpdesk’s activity tracking bertujuan untuk mendokumentasikan
pelaporan masalah dan status penyelesaian masalah tersebut. Hal ini dikarenakan
status masalah yang telah dilaporkan sering kali sulit dilacak statusnya sehingga
kinerja anggota helpdesk sulit diukur.
Proses bisnis booking item borrowing bertujuan untuk mendokumentasikan
peminjaman item borrowing yang dimiliki oleh DKSH. Hal ini dilakukan agar
memudahkan pelacakan status dan keberadaan item borrowing. Sedangkan proses
bisnis information center bertujuan sebagai sarana penyebaran informasi dalam
organisasi DKSH.
iii
Pengembangan modul ICHS didasarkan pada metodologi pengembangan System
Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall (Linear Sequential Model).
Tahapan-tahapan yang terdapat dalam model waterfall adalah tahap perencanaan,
tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi dan pengujian, serta tahap
pemeliharaan sistem. Laporan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dan
deliverable yang dihasilkan selama pelaksanaan kerja praktik, yaitu tahap
perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan, serta tahap implementasi dan
pengujian sistem.
|
|