PT. Koll IPAC (Koll) merupakan perusahaan berskala internasional yang bergerak di bidang
pelayanan properti terhadap pengguna (penyewa dan pembeli) serta penanam saham.
Koll mempunyai 2 kantor yaitu Head Office dan Residential Service. Masing-masing kantor
memiliki sumber daya atau fasilitas sendiri dalam pengadaan rapat yang dapat saling
dipinjamkan antara kedua kantor tersebut. Proses peminjaman fasilitas ini dilakukan secara
manual, yaitu pegawai yang ingin menggunakan ruang rapat harus memesan pada divisi
General Admin (GA), sedangkan pegawai yang ingin menggunakan proyektor dan laptop harus
memesan terlebih dahulu pada divisi IT. Hal ini menyebabkan sering terjadinya salah
pengertian dari pegawai yang ingin meminjam maupun dari divisi GA atau IT itu sendiri.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Koll ingin mengembangan sistem informasi yang
menangani proses reservasi fasilitas rapat, Sistem Informasi Reservasi Rapat (SIRAT). SIRAT
ini memiliki beberapa fitur, antara lain : fitur melihat daftar reservasi baik per bulan maupun per
hari berdasarkan jenis fasilitas, fitur melihat daftar reservasi dalam bentuk time table, fitur
reservasi fasilitas rapat, fitur pengubahan atas reservasi yang telah dilakukan, fitur pembatalan
reservasi yang telah dilakukan, fitur verifikasi atas pengambilan / pengembalian suatu fasilitas
rapat, fitur pengiriman email secara otomatis kepada pihak-pihak yang terkait dalam reservasi
fasilitas rapat (pemesan, penanggungjawab, IT Admin) dalam hal reservasi, pembatalan
maupun pengubahan reservasi, dan fitur menghasilkan daftar reservasi dalam bentuk print out.
Dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini, penulis melakukan proses analisis, desain, implementasi,
dan pengujian sistem. Penulis memulai pengerjaan Kerja Praktek dengan mengidentifikasi dan
menganalisis kebutuhan dari sistem, dilanjutkan dengan mendesain fitur-fitur dari sistem.
Kemudian penulis membuat prototype dari sistem untuk mengidentifikasi keinginan pengguna
dengan jelas dan diteruskan dengan mengimplementasikan fitur-fitur dengan menyempurnakan
prototype yang sudah dibuat. Setelah semua fitur selesai diimplementasikan, maka penulis
melakukan pengujian dengan dua metode yaitu white box dan black box testing.
Dari proses pengerjaan Kerja Praktek, penulis berhasil membangun sebuah sistem informasi
berbasis web yang dapat menangani proses bisnis Koll IPAC dalam reservasi fasilitas rapat.
Sistem yang telah dibuat memiliki fitur-fitur yang sudah disebutkan sebelumnya.
Kata kunci : reservasi, fasilitas rapat, sistem informasi reservasi rapat, PT Koll IPAC
|
|