PT Bakrie Telecom Tbk merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang menawarkan produk dan layanan telekomunikasi dengan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) kepada masyarakat. Esia merupakan salah satu produk terkenal yang dihasilkan oleh PT Bakrie Telecom Tbk yang merupakan operator untuk layanan telepon nirkabel dan atau Short Message Service (SMS). Pada saat ini penggunaan produk Esia di masyarakat semakin berkembang dan hal ini diikuti dengan berkembangnya kejahatan dan tindakan penipuan yang terjadi dalam dunia telekomunikasi, seperti SMS penipuan ke beberapa pengguna handphone, tagihan telepon yang berbeda antara perhitungan yang dilakukan oleh pelanggan dengan yang dihitung oleh operator telekomunikasi, durasi panggilan yang terlalu besar pada suatu panggilan, naiknya rata-rata biaya penggunaan layanan telekomunikasi secara tiba-tiba oleh pengguna, dan tindakan penipuan lainnya di bidang telekomunikasi yang dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan dikarenakan hilangnya pendapatan perusahaan. PT Bakrie Telecom Tbk sebagai perusahaan yang memberikan jasa telekomunikasi belum mempunyai sistem untuk mencegah dan mengatasi penipuan tersebut. Demi memenuhi kebutuhan penanggulangan tindakan penipuan yang terjadi di Esia maka dibuatlah sebuah sistem yang mampu melakukan deteksi dan analisa tindakan penipuan yang terjadi. Sistem ini juga akan mampu memberikan saran untuk membantu dalam penanggulangan kasus tersebut. Sistem ini dinamakan Fraud Management System (FMS). FMS merupakan sistem yang dapat mendeteksi penipuan dalam penggunaan layanan telekomunikasi, menganalisanya, dan membantu pengambilan keputusan terhadap penipuan itu. Penipuan diidentifikasi dari hasil perhitungan tarif penggunaan layanan telekomunikasi PT Bakrie Telecom Tbk yaitu Esia. Perhitungan tarif dilakukan oleh modul Rating Engine yang merupakan bagian dari Fraud Management System. Fraud Management System akan dibagi menjadi dua modul utama dan enam submodul. Dua modul utama tersebut adalah Rating Engine dan Fraud Management. Rating Engine merupakan modul yang berfungsi untuk memberikan tarif yang sesuai dari data panggilan pengguna Esia, melakukan penghitungan harga berdasarkan tarif yang dikenakan untuk penggunaan layanan telekomunikasi Esia serta menghasilkan data perhitungan biaya penggunaan Esia. Fraud Management merupakan modul yang berfungsi untuk mendeteksi penipuan terhadap data panggilan pengguna Esia, menganalisa penipuan yang terdeteksi dan mengambil keputusan dari hasil analisa penipuan yang telah terdeteksi.