PT Astragraphia Tbk. terbagi menjadi dua bagian fokus bisnis yaitu Information Technology
Solution dan Document Solution. Astragraphia Document Solution (AGDS) merupakan
perusahaan yang bergerak dalam dalam bidang solusi dokumen yang menangani fokus
bisnis Document Solution. AGDS ini terdiri dari sembilan divisi dimana salah satu divisinya
adalah divisi Supply Chain and Information Management (SCIM). Divisi SCIM ini terdiri dari
lima departemen dimana dua departemen diantaranya mengurus Teknologi Informasi (TI)
perusahaan. Kedua departemen itu adalah departemen Application Support (AS) dan
departemen Information Management (IM). Peranan dari departemen IM adalah mengatur
fasilitas TI internal perusahaan. Sedangkan peranan departemen AS adalah
mengembangkan, customize, dan me-maintain aplikasi–aplikasi di AGDS. Sehubungan
AGDS telah menggunakan aplikasi SAP untuk mengatur proses bisnis sehari-harinya, maka
kebanyakan aplikasi yang ditangani oleh departemen AS adalah aplikasi SAP walaupun
masih ada aplikasi-aplikasi non-SAP yang digunakan. Pegawai yang bekerja di departemen
AS inipun dibedakan menjadi pegawai SAP yang menangani aplikasi-aplikasi SAP dan
pegawai non-SAP yang menangani aplikasi-aplikasi non-SAP.
Dalam kesehariannya, departemen AS menangani permintaan-permintaan (request)
pengembangan aplikasi non-SAP dan juga request customize aplikasi SAP. Dalam
menangani proses bisnis request aplikasi ini, AGDS sudah memiliki Standard Operating
Procedure (SOP) yang jelas seperti yang tersebut dalam Operating Procedure Manual
Application Development Process PT Astragraphia Tbk. Namun, SOP ini masih berjalan
secara manual tanpa menggunakan sistem informasi. Hal ini menimbulkan masalah terutama
dalam melakukan organisasi dokumen-dokumen terkait dengan request aplikasi ini. Untuk
mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkanlah Sistem Informasi Request Online
(ROL) System.
Laporan Kerja Praktek ini mencakup semua kegiatan yang dilakukan penulis selama proses
Kerja Praktek. Dimulai dari proses analisis kebutuhan sistem sampai proses pengujian dari
Sistem Informasi Request Online (ROL) System ini.
|
|