PT. Murni Glory Indonusa (PT. MGI) merupakan suatu perusahaan yang bergerak di
bidang jasa. PT. MGI melayani servis/ perbaikan mesin penghitung uang, terutama
mesin yang memiliki merek glory. Dalam melaksanakan kegiatan transaksi bisnisnya,
semuanya dilakukan secara manual, sehingga seringkali mengalami kesulitan dalam
mencari data yang ada. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PT. MGI
membutuhkan suatu sistem yang dapat membantu pelaksanaan transaksi bisnis,
sehingga proses penyimpanan data dan pengelolaan data dapat lebih teratur dan
mudah diakses. Sistem yang akan dibuat dibedakan menjadi dua, yaitu sistem utama
dan sistem pendukung. Sistem yang akan dibuat oleh penulis adalah sistem
pendukung kegiatan transaksi. Sistem ini mencakup pengolahan data oleh admin dan
website bagi masyarakat umum untuk memperkenalkan seputar tipe dan spesifikasi
mesin yang dapat diperbaiki oleh PT. MGI.
Dalam kerja praktek selama kurang lebih 10 minggu, penulis membuat modul admin
dan modul guest dari sistem manajemen pendukung transaksi PT. MGI ini. Fitur-fitur
yang akan dibuat adalah:
1. Mengelola data customer
2. Mengelola data table master, yang tediri dari data rekening, data tipe, data merek,
data cabang.
3. Melihat dan menghapus mailing form
4. Mengisi mailing form
5. Melihat produk mesin dengan merek glory
Laporan kerja praktek ini disusun sebagai laporan akhir dari pelaksanaan kerja
praktek yang dilaksanakan mulai dari tanggal 17 Juli 2006 sampai dengan tanggal 30
September 2006 di PT. Murni Glory Indonusa. Dalam laporan ini dijelaskan proses
pelaksanaan kerja praktek yang meliputi tahap pelaksanaan proyek, proses analisis,
proses desain, implementasi dan pengujian sistem.
|
|