PT. X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri dan perdagangan hardware komputer. Dalam perusahaan ini, penulis masuk dan bekerja sama dengan rekan-rekan dalam departemen MIS (Management Information System). Laporan kerja praktek ini akan menjelaskan kegiatan yang dilakukan penulis selama masa kerja praktek di PT. X, yang terbagi menjadi tiga bagian yang dikerjakan secara paralel: Security Policy, OpManager dan ServiceDesk. Security Policy dibuat untuk mencegah user meng-install software. Berdasarkan pengalaman, penerapan policy dipengaruhi oleh jenis sistem operasi, tipe user, dan file system. Pada mulanya, penulis menggunakan Microsoft Shared Computer Toolkit, namun karena berbagai kendala yang muncul, akhirnya diputuskan untuk menggunakan SRP (Software Restriction Policy). Fokus dari Security Policy ini adalah mencegah user meng-install program pada komputernya. Namun, melihat kebutuhan dan tuntutan dari user, fokus ini sedikit bergeser agar dapat memenuhi tuntutan user tersebut. OpManager merupakan software untuk memonitor jaringan, yang dapat mendeteksi semua device yang ada pada jaringan. Untuk tujuan itu, OpManager menggunakan protokol SNMP. Karenanya, SNMP pada komputer user perlu di-install dan dikonfigurasi. ServiceDesk merupakan software helpdesk dan manajemen aset. Sebagai helpdesk, ServiceDesk menggunakan modul Request. Dalam modul ini, user dapat mengirimkan request kepada administrator/teknisi dan administrator/teknisi akan memberikan solusinya. Sedangkan sebagai manajemen aset, ServiceDesk menggunakan modul Inventaris untuk mengatur aset yang sebelumnya dimasukkan secara manual oleh administrator.