PT. X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri dan perdagangan hardware
komputer. Dalam perusahaan ini, penulis masuk dan bekerja sama dengan rekan-rekan
dalam departemen MIS (Management Information System).
Laporan kerja praktek ini akan menjelaskan kegiatan yang dilakukan penulis selama masa
kerja praktek di PT. X, yang terbagi menjadi tiga bagian yang dikerjakan secara paralel:
Security Policy, OpManager dan ServiceDesk.
Security Policy dibuat untuk mencegah user meng-install software. Berdasarkan pengalaman,
penerapan policy dipengaruhi oleh jenis sistem operasi, tipe user, dan file system. Pada
mulanya, penulis menggunakan Microsoft Shared Computer Toolkit, namun karena berbagai
kendala yang muncul, akhirnya diputuskan untuk menggunakan SRP (Software Restriction
Policy).
Fokus dari Security Policy ini adalah mencegah user meng-install program pada
komputernya. Namun, melihat kebutuhan dan tuntutan dari user, fokus ini sedikit bergeser
agar dapat memenuhi tuntutan user tersebut.
OpManager merupakan software untuk memonitor jaringan, yang dapat mendeteksi semua
device yang ada pada jaringan. Untuk tujuan itu, OpManager menggunakan protokol SNMP.
Karenanya, SNMP pada komputer user perlu di-install dan dikonfigurasi.
ServiceDesk merupakan software helpdesk dan manajemen aset. Sebagai helpdesk,
ServiceDesk menggunakan modul Request. Dalam modul ini, user dapat mengirimkan
request kepada administrator/teknisi dan administrator/teknisi akan memberikan solusinya.
Sedangkan sebagai manajemen aset, ServiceDesk menggunakan modul Inventaris untuk
mengatur aset yang sebelumnya dimasukkan secara manual oleh administrator.
|
|