PT Asuransi Jiwa BRINGIN JIWA SEJAHTERA yang lebih dikenal dengan nama Bringin Life merupakan sebuah perusahaan asuransi yang memiliki kantor pusat di gedung Graha Irama Lt.5 & 15, Jl. H.R.Rasuna Said Blok X-1 Kav 1 & 2, Jakarta 12950 dan saat ini sudah memiliki beberapa kantor cabang di berbagai daerah di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan era globalisasi, Bringin Life sedang merencanakan untuk mengimplementasikan sistem terintegrasi untuk mendukung kinerjanya. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi inkonsistensi data yang saling terkait antar kantor cabang. Salah satu program asuransi yang terselenggara di Bringin Life adalah Program Pemeliharaan Kesehatan Pensiunan (PROSPENS). Seperti proses bisnis pada program asuransi yang lainnya, petugas Bringin Life yang bertugas menangani program asuransi tersebut saat ini masih menggunakan sistem yang berbasis desktop. Akibatnya, konsistensi data asuransi PROPENS antar kantor cabang tidak bisa terjaga dengan baik. Karena keinginan untuk memiliki sistem yang bisa mengintegrasikan data asuransi PROPENS antar kantor cabang, maka dikembangkanlah Sistem Informasi Asuransi Program Pemeliharaan Kesehatan Pensiunan (Sistem Informasi Asuransi PROSPENS). Sistem ini menekankan pada fitur penyimpanan data polis dan data klaim asuransi PROSPENS, serta fitur menampilkan laporan daftar peserta dan daftar klaim dengan kategori tertentu sesuai standar laporan yang biasanya dihasilkan secara manual oleh petugas asuransi PROSPENS. Laporan kerja praktek ini mencakup semua kegiatan yang dilakukan penulis selama proses kerja praktek. Dimulai dari proses analisis terhadap kebutuhan sistem hingga pengujian terhadap modul yang telah dikerjakan oleh penulis.