PT JAMSOSTEK (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memiliki beberapa
unit kerja di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kantor Pusat yang terletak di
Jakarta. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa, terutama dalam hal pemberian jaminan sosial
berupa asuransi bagi para tenaga kerja.
Dalam operasionalnya PT JAMSOSTEK bergantung pada kelengkapan data-data klien yang
dimiliki. Data-data tersebut bersifat dinamis dan harus terus diolah sesuai dengan program
perusahaan. Data-data ini memiliki peran yang penting dalam proses pengambilan keputusan
dimana data-data akan diubah ke dalam bentuk laporan yang kemudian diberikan kepada
pihak yang bersangkutan (manajer) untuk dipelajari. Tetapi sampai saat ini, proses
pengambilan dan pengolahan data menjadi laporan masih dilakukan secara manual, pihak
yang bersangkutan langsung mengambil data-data melalui basis data tanpa adanya suatu
sistem yang membantu dalam proses tersebut, dan membuat laporan secara manual mengikuti
format tabulasi yang ada, hal ini menyebabkan proses pembuatan laporan memakan waktu
dan ada kemungkinan terjadi kesalahan data.
Dengan alasan tersebut diatas dan berdasarkan hasil konsultasi dari pihak terkait, maka
diputuskanlah untuk membuat prototipe Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk PT
JAMSOSTEK yang dapat digunakan tidak hanya untuk membantu dalam proses pengambilan
data tetapi juga membantu dalam proses pembuatan laporan dan hasil evaluasi dari laporan
tersebut yang nantinya dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan di perusahaan.
Laporan ini berisi mengenai proses pelaksanaan kerja praktek pembuatan modul produk JPK
pada prototipe SIM JAMSOSTEK yang telah dilaksanakan. Pengembangan sistem
menggunakan metodologi Waterfall yang meliputi tahapan perencanaan, analisis,
perancangan, implementasi serta pengujian. Prototipe SIM JAMSOSTEK yang
dikembangkan diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mencapai hasil yang lebih
sempurna dan dapat digunakan lebih optimal dalam proses pengambilan keputusan PT
JAMSOSTEK.
|
|