Pusat Kesehatan Mahasiswa Universitas Indonesia (PKM-UI) merupakan poliklinik
yang memberikan pelayanan pemeliharaan kesehatan mahasiswa seutuhnya, fisik dan
psikis. PKM-UI membutuhkan sistem informasi untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas pelayanan. Untuk itu dikembangkanlah Sistem Antrian Online (Online
Queuing System) Pusat Kesehatan Mahasiswa Universitas Indonesia.
Sistem yang dikembangkan ini memiliki 3 modul, yaitu: display; dokter; dan server.
Modul display merupakan aplikasi yang berjalan di loket dan tempat pasien
menunggu pemanggilan. Modul dokter merupakan aplikasi yang berjalan di komputer
dokter. Modul server merupakan aplikasi yang berjalan di komputer server yang
menghubungkan sistem ini dengan basis data di PKM-UI dan sistem informasi
lainnya di PKM-UI.
Laporan kerja praktek disusun sebagai laporan dari pelaksanaan kerja praktek yang
telah dilakukan penulis pada PKM-UI selama kurang lebih tiga bulan. Selain itu juga
dipaparkan kendala, kesimpulan, saran pengembangan, serta pengetahuan yang
dipetik selama pelaksanaan kerja praktek.
Hasil dari kerja praktek ini adalah sistem informasi berbasis client-server yang
diharapkan dapat mempermudah pengelolaan antrian pasien di PKM-UI. Berdasarkan
hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dikembangkan telah sesuai
dengan kebutuhan.
|
|