Departemen Information Technology Service Management (ITSM) PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) merupakan departemen yang tugas utamanya adalah memberikan pelayanan fasilitas teknologi informasi kepada semua pegawai Telkomsel. Dengan memberikan pelayanan yang baik, diharapkan kinerja dari semua pegawai Telkomsel berjalan dengan baik. Kerusakan atau permasalahan fasilitas teknologi informasi seperti system failure, login failed, system crash, dan lain-lain akan menghambat kinerja dari pegawai Telkomsel. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan oleh pihak manajemen dari Telkomsel. Untuk memonitor kondisi fasilitas dan kinerja dari Departemen ITSM dalam memberikan pelayanan kepada semua pegawai Telkomsel, pihak manajemen Telkomsel meminta staf Departemen ITSM untuk memberikan laporan secara periodik. Laporan tersebut berisi data rangkuman yang memberikan informasi dan tren yang terjadi seputar permasalahan fasilitas teknologi informasi. Namun, proses pembuatan laporan dengan format yang diinginkan oleh pihak manajemen sangat memakan waktu. Kerja praktek ini mengembangkan sistem pembuat laporan, sehingga laporan yang komprehensif, informatif, serta sesuai dengan keinginan pihak manajemen diharapkan dapat dihasilkan oleh sistem ini dalam tempo yang lebih singkat. Incident Reporting Application (IRA), merupakan sistem pembuat laporan yang dikembangkan dalam pelaksanaan kerja praktek ini. Pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan scripting language PHP dan basis data MySQL. CakePHP, sebuah arsitektur MVC berbasis PHP, juga digunakan untuk membantu proses pengembangan. Beberapa library pihak ketiga juga digunakan dalam membantu mengembangkan sistem pembuat laporan ini.