Departemen Information Technology Service Management (ITSM) PT Telekomunikasi
Selular (Telkomsel) merupakan departemen yang tugas utamanya adalah memberikan
pelayanan fasilitas teknologi informasi kepada semua pegawai Telkomsel. Dengan
memberikan pelayanan yang baik, diharapkan kinerja dari semua pegawai Telkomsel
berjalan dengan baik. Kerusakan atau permasalahan fasilitas teknologi informasi
seperti system failure, login failed, system crash, dan lain-lain akan menghambat
kinerja dari pegawai Telkomsel. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan oleh pihak
manajemen dari Telkomsel.
Untuk memonitor kondisi fasilitas dan kinerja dari Departemen ITSM dalam
memberikan pelayanan kepada semua pegawai Telkomsel, pihak manajemen
Telkomsel meminta staf Departemen ITSM untuk memberikan laporan secara periodik.
Laporan tersebut berisi data rangkuman yang memberikan informasi dan tren yang
terjadi seputar permasalahan fasilitas teknologi informasi. Namun, proses pembuatan
laporan dengan format yang diinginkan oleh pihak manajemen sangat memakan
waktu. Kerja praktek ini mengembangkan sistem pembuat laporan, sehingga laporan
yang komprehensif, informatif, serta sesuai dengan keinginan pihak manajemen
diharapkan dapat dihasilkan oleh sistem ini dalam tempo yang lebih singkat.
Incident Reporting Application (IRA), merupakan sistem pembuat laporan yang
dikembangkan dalam pelaksanaan kerja praktek ini. Pengembangan dilaksanakan
dengan menggunakan scripting language PHP dan basis data MySQL. CakePHP,
sebuah arsitektur MVC berbasis PHP, juga digunakan untuk membantu proses
pengembangan. Beberapa library pihak ketiga juga digunakan dalam membantu
mengembangkan sistem pembuat laporan ini.
|
|