ABSTRAK
Dewasa ini investasi pada sistem informasi cukup menguras dana dari
sebuah perusahaan. Sebuah organisasi tentunya mengerti benar bahwa keputusan
untuk membelanjakan jutaan atau miliaran Rupiah atau Dollar untuk sistem
informasi haruslah diperhitungkan dengan cermat, sama seperti memperlakukan
investasi untuk bidang-bidang lainnya. Menghitung investasi di bidang sistem
informasi dengan menggunakan metode Return On Investment (ROI), Net Present
Value (NPV), Economic Value Added (EVA), atau metode perhitungan
konvensional lainnya mungkin kurang tepat karena investasi pada sistem
informasi tidaklah semudah seperti menghitung investasi seperti pada bidangbidang
lainnya. Hal ini karena adanya manfaat yang sifatnya intangible.
Perubahan situasi yang begitu cepat mengharuskan para pengambil
keputusan untuk menggunakan metode penilaian lain yang lebih fleksibel
terhadap setiap perubahan situasi dan ketidakpastian yang terjadi sekaligus
mampu menangkap manfaat yang bersifat intangible. Real Options kemudian
menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai investasi
teknologi informasi. Dengan menggunakan metode ini, ketidakpastian dan
fleksibilitas menjadi peluang untuk memperoleh keuntungan dari sebuah proyek
teknologi informasi. Hal ini karena Real Options memasukkan ketidakpastian dan
fleksibilitas sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian kelayakan
investasi. Kajian yang dilakukan menggunakan metode Real Options ini bertujuan
untuk menilai kelayakan rencana implementasi mobile commerce menggunakan
smart phone pada bagian iklan PT Kompas Media Nusantara. Berdasarkan
analisis yang dilakukan, investasi mobile commerce pada unit iklan baris PT
Kompas Media Nusantara layak untuk dijalankan. Namun, harus diperhatikan
sejumlah risiko yang akan dihadapi mengingat probabilitas keberhasilan di setiap
fase relatif kecil.
Kata kunci: Real Options,
|
|