PT. Colliers International Indonesia merupakan salah satu perusahaan konsultan properti yang
cukup terkemuka di Indonesia. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini menawarkan
banyak layanan dan keahlian yang beragam dalam bidang properti.
PT. Colliers International Indonesia (CII) memiliki beberapa divisi dalam perusahaannya seperti
divisi Tenant Representation, Tim Penilai Properti, dan sebagainya. Dalam kegiatan
operasionalnya, divisi-divisi ini dapat mencari klien mereka sendiri atau mendapat rekomendasi
klien dari divisi lain. Informasi dari para klien ini disimpan oleh masing-masing divisi yang
bersangkutan dengan format penyimpanan yang berbeda-beda. Misalnya, beberapa divisi telah
menyimpan informasi dari kliennya dalam format file Excel, sedangkan divisi yang lain
menyimpannya dalam file database Access. Ternyata hal ini menjadi kendala bagi perusahaan
karena di setiap akhir bulan, data-data dari klien harus dikumpulkan untuk dibahas dan dilaporkan
dalam rapat akhir periode. Selain itu, data-data yang disimpan secara terpisah ini dapat
menyebabkan seorang klien ditindaklanjuti oleh 2 atau lebih agen dari divisi yang berbeda karena
tidak adanya informasi tentang status seorang klien yang dapat diketahui oleh semua divisi. Hal
ini akan mengakibatkan seorang klien tidak lagi berminat akan jasa yang ditawarkan oleh
perusahaan. Masalah lain yang muncul adalah tidak adanya koordinasi pengiriman newsletter dan
kartu ucapan selamat (greeting cards) yang setiap periode (bulanan, 4-bulanan, atau tahunan)
dikirimkan oleh perusahaan kepada kliennya.
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, PT CII ingin mengembangkan sebuah sistem
informasi yang dapat menangani proses penyimpanan data-data klien untuk setiap divisi secara
terintegrasi, sekaligus mengembangkan sistem untuk mengatur pengiriman baik newsletter
maupun kartu ucapan selamat (greeting cards) kepada klien yang berminat. Oleh karena itu,
tujuan dari kerja praktek yang dilaksanakan oleh penulis di PT CII adalah untuk mengembangkan
kedua sistem modul utama ini, modul pertama yaitu Contact Database Management System, dan
yang kedua adalah Newsletter Management System. Kedua modul yang berbasiskan web ini
kemudian akan diintegrasikan dengan framework utama milik PT CII yang sudah ada
sebelumnya, sehingga setiap pengguna dapat mengaksesnya secara online.
|
|