ABSTRAK

ABSTRAK Tingginya kompetisi diantara perusahaan media penyiaran TV di Indonesia, menempatkan strategi bisnis pada posisi yang sangat penting. Walaupun media penyiaran TV telah memanfaatkan TI dalam kegiatan operasionalnya tetapi perencanaan, pengelolaan dan implementasi SI/TI yang dikaitkan dengan strategi bisnis perusahaan masih kurang diterapkan. Hal ini tampak dari output program siaran belum muncul inovasi dan differensiasi dimana hampir semua stasiun TV memiliki corak dan ragam acara yang sama.. Perencanaan Strategis Sistem Informasi (PSSI) merupakan salah satu kunci dalam pencapaian target bisnis perusahaan, karena itu harus selaras dengan strategi bisnis yang dijalankan. Hasil penelitian memunculkan model PSSI dengan pendekatan strategi bisnis Blue Ocean Strategy (BOS) yang diintegrasikan ke dalam Balanced Scorecard (BSC). Model ini menjawab kebutuhan model Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada industri penyiaran televisi, yang berkarakteristik dinamis, inovatif, dan tingkat persaingan tinggi, secara terukur dan komprehensif. Model PSSI BOS-BSC ini mampu menangkap kebutuhan industri penyiaran TV saat ini melalui kanvas strategi BOS dan dipetakan hasilnya kedalam 4 perspektif BSC (persepektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal , dan pembelajaran dan pertumbuhan). Hasil pemetaan meng-elaborasi kebutuhan SI/TI pada industri penyiaran saat ini. Implementasi PSSI BOS-BSC pada TV Anak Space Toon menunjukkan hasilnya yang komprehensif untuk pencapaian target bisnis mereka sesuai visi dan misi nya. Kata Kunci : Model Perencanaan Strategis Sistem Informasi Blue Ocean Strategy- Balanced Scorecard.