ABSTRAK
ABSTRAK
Tingginya kompetisi diantara perusahaan media penyiaran TV di Indonesia,
menempatkan strategi bisnis pada posisi yang sangat penting. Walaupun media
penyiaran TV telah memanfaatkan TI dalam kegiatan operasionalnya tetapi
perencanaan, pengelolaan dan implementasi SI/TI yang dikaitkan dengan strategi
bisnis perusahaan masih kurang diterapkan. Hal ini tampak dari output program
siaran belum muncul inovasi dan differensiasi dimana hampir semua stasiun TV
memiliki corak dan ragam acara yang sama.. Perencanaan Strategis Sistem
Informasi (PSSI) merupakan salah satu kunci dalam pencapaian target bisnis
perusahaan, karena itu harus selaras dengan strategi bisnis yang dijalankan. Hasil
penelitian memunculkan model PSSI dengan pendekatan strategi bisnis Blue Ocean
Strategy (BOS) yang diintegrasikan ke dalam Balanced Scorecard (BSC). Model
ini menjawab kebutuhan model Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada
industri penyiaran televisi, yang berkarakteristik dinamis, inovatif, dan tingkat
persaingan tinggi, secara terukur dan komprehensif. Model PSSI BOS-BSC ini
mampu menangkap kebutuhan industri penyiaran TV saat ini melalui kanvas
strategi BOS dan dipetakan hasilnya kedalam 4 perspektif BSC (persepektif
finansial, pelanggan, proses bisnis internal , dan pembelajaran dan pertumbuhan).
Hasil pemetaan meng-elaborasi kebutuhan SI/TI pada industri penyiaran saat ini.
Implementasi PSSI BOS-BSC pada TV Anak Space Toon menunjukkan hasilnya
yang komprehensif untuk pencapaian target bisnis mereka sesuai visi dan misi nya.
Kata Kunci : Model Perencanaan Strategis Sistem Informasi Blue Ocean Strategy-
Balanced Scorecard.
|