Sistem Informasi Pengelolaan Piutang Pelanggan merupakan sistem informasi yang berfungsi untuk menangani data piutang berikut pelunasan masing-masing pelanggan yang dimiliki oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) Wilayah Kalimantan Timur. Sehubungan dengan fungsinya yang krusial untuk melaksanakan pembukuan dan pengolahan data piutang tagihan dan rekening listrik, dibutuhkan adanya keseragaman aplikasi dan struktur data antara SIP3 yang berada di masing-masing Area Pelayanan yang beroperasi di bawah PT PLN wilayah Kalimantan Timur. Kebutuhan akan penyeragaman aplikasi SIP3 berikut penambahan fungsi-fungsi baru yang belum ada pada aplikasi sebelumnya mengakibatkan perlunya dilakukan pengembangan terhadap aplikasi SIP3 yang akan diimplementasikan secara seragam ke masing-masing Area Pelayanan di bawah PT PLN Wilayah Kalimantan Timur. Laporan ini menjelaskan mengenai pelaksanaan kerja praktek yang meliputi pengembangan aplikasi SIP3 untuk PT PLN Wilayah Kalimantan Timur yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2007 sampai dengan 26 Agustus 2007. Pembahasan dalam laporan ini juga meliputi penilaian terhadap kesesuaian antara pelaksanaan pengembangan perangkat lunak dalam kerja praktek dengan teori-teori pengembangan yang telah dipelajari pada kuliah-kuliah terkait pengembangan perangkat lunak.