PT Unilever Indonesia Tbk (PT ULI) sebagai perusahaan yang sangat dinamis dalam mengikuti permintaan pasar memerlukan suatu alat yang dapat melihat trend penjualan yang telah terjadi dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut diperlukan agar perusahaan dapat memperkirakan penjualan yang akan terjadi, sehingga perusahaan tidak mengeluarkan investasi yang berlebihan yang dapat merugikan. Selama ini perusahaan menggunakan sebuah tool berbasis spread sheet yang bernama Order Accuracy Trend(OA Trend). Akan tetapi dengan bertambahnya tahun, data yang disimpan dalam tool menjadi sangat banyak dan menyebabkan bertambah besarnya ukuran berkas OA Trend. Hal tersebut menjadi suatu masalah karena kapasitas penyimpanan berkas di perusahaan terbatas, sehingga dibutuhkan pembaharuan dengan tidak mengurangi fungsi dari OA Trend. OA Trend baru, yang dibuat selama kerja praktik, telah berhasil mengatasi masalah tersebut karena ukuran berkasnya saat ini lebih kecil sekitar 40% dibandingkan sebelumnya dan terdapat penambahan fungsi baru yang akan menambah kemudahan pengguna pada saat melihat trend penjualan. Selain itu, promosi yang telah dilakukan selama 1(satu) tahun juga perlu dianalisis untuk mengetahui seberapa efektif promosi meningkatkan penjualan. Akan tetapi pembuatan Promotion Database masih bersifat manual, yaitu dengan mencari data satu persatu untuk kemudian dianalisis, karena sumber data yang digunakan sebagai acuan pembuatan Promotion Database kurang mendukung. Dalam laporan kerja praktik ini juga dituliskan seluruh tahapan dan kegiatan yang terjadi pada saat penulis melaksanakan kerja praktik di PT ULI. Pembahasan tahapan meliputi perancangan jadwal kerja praktik, analisis permasalahan, implementasi hingga pengujian tool oleh perusahaan. Hasil kerja praktik seluruhnya, yang berupa Promotion Database, OA Trend dan dokumentasi ini, telah diserahkan ke perusahaan untuk digunakan. Laporan ini juga digunakan oleh perusahaan sebagai panduan pengguna. Sehingga dapat memudahkan pengguna apabila ada hal yang tidak diketahui yang berhubungan dengan Promotion Database dan OA Trend.