PT Unilever Indonesia Tbk (PT ULI) sebagai perusahaan yang sangat dinamis dalam
mengikuti permintaan pasar memerlukan suatu alat yang dapat melihat trend penjualan
yang telah terjadi dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut diperlukan agar perusahaan
dapat memperkirakan penjualan yang akan terjadi, sehingga perusahaan tidak
mengeluarkan investasi yang berlebihan yang dapat merugikan. Selama ini perusahaan
menggunakan sebuah tool berbasis spread sheet yang bernama Order Accuracy Trend(OA
Trend). Akan tetapi dengan bertambahnya tahun, data yang disimpan dalam tool
menjadi sangat banyak dan menyebabkan bertambah besarnya ukuran berkas OA Trend.
Hal tersebut menjadi suatu masalah karena kapasitas penyimpanan berkas di perusahaan
terbatas, sehingga dibutuhkan pembaharuan dengan tidak mengurangi fungsi dari OA
Trend.
OA Trend baru, yang dibuat selama kerja praktik, telah berhasil mengatasi masalah
tersebut karena ukuran berkasnya saat ini lebih kecil sekitar 40% dibandingkan
sebelumnya dan terdapat penambahan fungsi baru yang akan menambah kemudahan
pengguna pada saat melihat trend penjualan.
Selain itu, promosi yang telah dilakukan selama 1(satu) tahun juga perlu dianalisis untuk
mengetahui seberapa efektif promosi meningkatkan penjualan. Akan tetapi pembuatan
Promotion Database masih bersifat manual, yaitu dengan mencari data satu persatu
untuk kemudian dianalisis, karena sumber data yang digunakan sebagai acuan pembuatan
Promotion Database kurang mendukung.
Dalam laporan kerja praktik ini juga dituliskan seluruh tahapan dan kegiatan yang terjadi
pada saat penulis melaksanakan kerja praktik di PT ULI. Pembahasan tahapan meliputi
perancangan jadwal kerja praktik, analisis permasalahan, implementasi hingga pengujian
tool oleh perusahaan. Hasil kerja praktik seluruhnya, yang berupa Promotion Database,
OA Trend dan dokumentasi ini, telah diserahkan ke perusahaan untuk digunakan.
Laporan ini juga digunakan oleh perusahaan sebagai panduan pengguna. Sehingga dapat
memudahkan pengguna apabila ada hal yang tidak diketahui yang berhubungan dengan
Promotion Database dan OA Trend.
|
|