ABSTRAK
ABSTRAK
Kebutuhan sistem informasi dan teknologi informasi semakin tinggi.
Kebutuhan TI telah menumbuhkan kebutuhan akan investasi TI, pengelolaan TI,
kebijakan TI dan lainnya dalam suatu organisasi. Tidak sedikit organisasi yang
kurang berhasil dalam mengelola TI mereka. Tetapi yang telah berhasil,
memberikan suatu best partice dan tools yang dapat dijadikan acuan.
Saat ini, belum ada gambaran yang jelas tentang kondisi tata kelola TI pada
organisasi di Indonesia. Tata kelola TI bisa saja lebih baik pada organisasi yang
besar. Juga akan lebih baik pada organisasi yang memiliki tingkat kebutuhan TI
tinggi, seperti bank. Tetapi bagaimana tata kelola TI pada perusahaan Asuransi
Nasional di Indonesia?
Peneliti mencoba melakukan pemetaan terhadap tata kelola TI pada
perusahaan asuransi nasional. Dalam melakukan pemetaan, peneliti melakukan
review literature terhadap teori tata kelola TI. Kemudian peneliti melakukan
pengamatan terhadap tempat studi kasus.
Setelah peneliti memetakan tata kelola TI yang ada pada perusahaan asuransi
XYZ, peneliti menemukan bahwa tata kelola TI yang ada baru akan mulai
menggunakan best practice yang ada, COBIT. Dan yang mendorong hal ini
adalah kebutuhan bisnis dan kepedulian jajaran tinggi perusahaan. Penelitian dan
pengamatan terhadap perusahaan di Indonesia masih harus banyak dilakukan agar
pemahaman tata kelola TI di Indonesia dapat semakin meningkat.
Kata Kunci: Tata Kelola TI, Pengelolaan TI.
xii+65 halaman; 12 gambar, 3 tabel,
|