ABSTRAK
ABSTRAK
Menghadapi persaingan antar bank yang sangat tinggi dan adanya keputusan
pemerintah yang semakin ketat mengenai keberadaan bank khususnya bank
berskala nasional saat ini, menuntut setiap bank mampu unggul dalam bersaing
atau minimal mampu bertahan. Kegiatan penghimpunan dana pihak ketiga
(funding) merupakan satu dari tiga kegiatan utama perbankan. Semakin besar dana
yang dapat terhimpun menunjukkan baiknya kinerja bank tersebut. Besaran hasil
penghimpunan dana pihak ketiga ini menjadikan indikator tingkat kepercayaan
masyarakat/nasabah terhadap bank. Menempatkan kepercayaan dan tingkat
loyalitas nasabah sangat dibutuhkan oleh pihak bank. Teknologi On-Line
Analytical Processing (OLAP) dan data mining diyakini mampu mencari
pengetahuan untuk melakukan identifikasi tingkat loyalitas nasabah terhadap
produk funding perbankan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengetahuan
bahwa produk funding tabungan x rupiah berpotensi cukup baik, dan nasabah
yang memiliki tingkat loyalitas tinggi adalah nasabah yang mempunyai rata-rata
saldo bulanan dengan membentuk pola yang tetap stabil dalam waktu tujuh
sampai sepuluh bulan. Tersedianya kebutuhan informasi dan data ini, mendasari
dalam mendukung sistem pengambil kebijakan baik penyusunan perencanaan dan
keputusan strategi perbankan. Sehingga pihak bank mampu menentukan strategi
perbankan khususnya funding dalam persaingan ketat yang dihadapi.
Kata kunci: Data Mining, Data Warehouse, OLAP, Funding.
|