ABSTRAK
ABSTRAK
Sejak kehadiran Customer Concept (CC) sebagai falsafah pemasaran, sistem
Customer Relationship Management (CRM) menjadi lebih penting bagi unit usaha yang
berorientasi pada pelanggan. CRM mendukung siklus bisnis yang meliputi dukungan
pelayanan (services), penjualan (sales) dan pemasaran (marketing). Melalui tesis ini,
berdasar penelitian pada sejumlah penerapan CRM, penulis berupaya menyampaikan
pemikiran mengenai sejumlah fitur Sistem Informasi Diseminasi Statistik. Jika organisasi
telah mapan dari segi kepemimpinan, strategi maupun budaya, dengan kehadiran sistem
CRM diseminasi statistik memungkinkan manajemen hubungan pelanggan berjalan
secara efektif.
Kajian CRM diseminasi statistik menggunakan pendekatan 4 perspektif Balanced
Scorecard (BSC). Dengan pendekatan 4 perspektif BSC tersebut dapat diturunkan
beberapa fitur CRM yang berkaitan erat dengan proses pengemasan produk-produk
statistik yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Fitur-fitur CRM ini diharapkan
dapat digunakan dalam penerapan sistem CRM diseminasi statistik oleh Direktorat
Diseminasi Statistik BPS.
Dalam penelitian ini, identifikasi beberapa fitur sistem CRM diseminasi data
diharapkan mempunyai makna penting dalam mendukung pelayanan statistik yang dapat
memberikan kepuasan pada pelanggan (customer satisfaction). Empat puluh satu (41)
fitur-fitur yang telah teridentifikasi dan dianalisis dapat menghilangkan perbedaan antara
kondisi penerapan sekarang dengan visi yang diharapkan. Selain itu, beberapa use-case
telah teridentifikasi dan ditujukan untuk mewujudkan fitur-fitur dalam sistem CRM
diseminasi statistik. Hubungan antara fitur-fitur dan use-case – use-case digambarkan
dalam traceability matrix. Penelitian ini memberikan suatu kepercayaan yang tinggi pada
sistem CRM diseminasi statistik yang akan diterapkan/diaplikasikan pada layanan publik
BPS dalam rangka memelihara para pelanggan produk statistik BPS.
Kata Kunci: Customer Concept (CC), Customer Relationship Management (CRM),
Balanced Scorecard (BSC), Customer, Customer Satisfaction, Service, Sales,
Marketing, Fitur-fitur dan Use-case.
Vii+ 91 halaman; 16 gambar; 12 tabel; 4 lampiran
Daftar Pustaka: 21 (1996 – 2007)
|