ABSTRAK
ABSTRAK
Pada era teknologi informasi dan komunikasi dengan tingkat
perkembangan yang semakin maju dan modern, memang menjadi salah satu
faktor yang menggerakkan perusahaan untuk mengelola teknologi informasinya
kearah yang lebih baik.
Perusahaan yang bergerak di sektor BUMN, Perbankan maupun pada
sektor pemerintahan, khususnya sektor layanan publik memiliki tingkat
kepentingan yang relatif sama dalam penerapan tata kelola TI (IT Governance).
Penerapan tata kelola TI di masing – masing perusahaan tentulah ada
persamaan dan perbedaannya, tergantung sejauh mana perusahaan tersebut
menginginkan layanan dari TI untuk menunjang bisnis berdasarkan tekanan serta
kebutuhannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pola – pola (patterns) IT
Governance di beberapa perusahaan (12 Perusahaan) Indonesia berdasarkan
temuan riset yang diperoleh dari pemetaan model – model IT Governance peneliti
sebelumnya seperti : Model menurut Peterson, Weill – Ross, ITGI dan AS-8015
dengan menggunakan Qualitative Data Analysis dan Content Analysis.
Akhir dari tulisan ini, peneliti akan mencoba menarik beberapa
kesimpulan berdasarkan pola-pola IT Governance yang telah diteliti.
Kata Kunci : IT Governance, teknologi informasi, tata kelola TI, pola-pola
ix + 87 Halaman; 10 gambar; 36 tabel;
Daftar Pustaka: 13 (tahun 2000-2007)
Daftar Acuan Tesis: 12 (tahun 2007)
|