Pada laporan ini, penulis akan memaparkan penjelasan mengenai
pelaksanaan kerja praktik yang telah penulis kerjakan selama lebih kurang tujuh
minggu. Kerja praktik dimulai pada tanggal 14 Januari 2008 dan selesai pada tanggal
28 Februari 2008. Lokasi pelaksanaan kerja praktik bertempat di PT Accenture, pada
proyek untuk klien PT Indosat Tbk.
Sebagai salah satu penyedia jasa teknologi jaringan seluler terbaik di negara
ini, PT Indosat Tbk merasa perlu mengadakan pengembangan suatu sistem baru
dalam rangka meningkatkan proses pelayanan jasa yang mereka lakukan bagi
masyarakat Indonesia. Selain itu, sistem yang dikembangkan juga diharapkan dapat
memberikan nilai bisnis yang tinggi bagi PT Indosat Tbk sendiri. Pengembangan
sistem yang kemudian dikerjakan oleh PT Accenture selaku penyedia jasa konsultan
bidang teknologi informasi ini, dinamakan dengan sistem i-Care. Pengembangan
sistem i-Care meliputi permasalahan Customer Relationship Management, Service
Provisioning, serta Card and Voucher Management.
Bagian yang tak kalah pentingnya dari pengembangan sistem yang penulis
sebutkan di atas adalah manajemen proses yang terjadi di dalam sistem i-Care
sendiri. Salah satu bentuk penanganan yang dilakukan dalam rangka peningkatan
kualitas sistem adalah dengan pembuatan laporan atas proses yang terjadi di dalam
sistem. Pengembangan modul inilah yang kemudian menjadi topik utama kerja
praktik yang penulis laksanakan.
Pada modul yang disebut sebagai IOM Report ini, pembuatan laporan atas
proses yang terjadi di dalam sistem dapat dilakukan berdasarkan sistem secara
keseluruhan, ataupun berdasarkan subsistem yang ada pada sistem i-Care, di
antaranya: subsistem yang bernama Geneva, Tertio dan Foss. Dalam proses
pembuatan laporan pada modul ini, kegiatan utama yang dilakukan menyangkut
masalah penggalian informasi dari basis data, atau data mining.
|
|