Pada laporan ini, penulis akan memaparkan penjelasan mengenai pelaksanaan kerja praktik yang telah penulis kerjakan selama lebih kurang tujuh minggu. Kerja praktik dimulai pada tanggal 14 Januari 2008 dan selesai pada tanggal 28 Februari 2008. Lokasi pelaksanaan kerja praktik bertempat di PT Accenture, pada proyek untuk klien PT Indosat Tbk. Sebagai salah satu penyedia jasa teknologi jaringan seluler terbaik di negara ini, PT Indosat Tbk merasa perlu mengadakan pengembangan suatu sistem baru dalam rangka meningkatkan proses pelayanan jasa yang mereka lakukan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, sistem yang dikembangkan juga diharapkan dapat memberikan nilai bisnis yang tinggi bagi PT Indosat Tbk sendiri. Pengembangan sistem yang kemudian dikerjakan oleh PT Accenture selaku penyedia jasa konsultan bidang teknologi informasi ini, dinamakan dengan sistem i-Care. Pengembangan sistem i-Care meliputi permasalahan Customer Relationship Management, Service Provisioning, serta Card and Voucher Management. Bagian yang tak kalah pentingnya dari pengembangan sistem yang penulis sebutkan di atas adalah manajemen proses yang terjadi di dalam sistem i-Care sendiri. Salah satu bentuk penanganan yang dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas sistem adalah dengan pembuatan laporan atas proses yang terjadi di dalam sistem. Pengembangan modul inilah yang kemudian menjadi topik utama kerja praktik yang penulis laksanakan. Pada modul yang disebut sebagai IOM Report ini, pembuatan laporan atas proses yang terjadi di dalam sistem dapat dilakukan berdasarkan sistem secara keseluruhan, ataupun berdasarkan subsistem yang ada pada sistem i-Care, di antaranya: subsistem yang bernama Geneva, Tertio dan Foss. Dalam proses pembuatan laporan pada modul ini, kegiatan utama yang dilakukan menyangkut masalah penggalian informasi dari basis data, atau data mining.