Laporan ini memaparkan pelaksanaan kerja praktik yang telah penulis jalani selama lebih kurang enam belas minggu. Kerja praktik dilaksanakan mulai tanggal 1 Januari 2008 sampai tanggal 18 April 2008. Penulis melakukan kerja praktik untuk PT Promedia International, yakni mengerjakan proyek pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan PD PAL Jaya. Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan terdiri dari dua sub-sistem, yakni sub-sistem pembayaran dan sub-sistem informasi geografis. Pada kerja praktik yang telah dilaksanakan, penulis mengembangkan sub-sistem pembayaran pada tahap analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Setelah melakukan instalasi dan training untuk direksi dan staf PD PAL Jaya, penulis juga melakukan maintenance awal terhadap sub-sistem pembayaran. Sedangkan, pengerjaan sub-sistem informasi geografis hanya mencakup fase analisis dan perancangan. Metodologi yang penulis gunakan pada kerja praktik ini adalah Modified Incremental Model, yakni mengombinasikan Prototyping Model secara iteratif menjadi lebih dari satu increment. Teknologi yang penulis gunakan di antaranya sistem operasi Windows, bahasa pemrograman PHP 5, DBMS PostGreSQL 8.2, serta framework Smarty dan ADODB. Keberhasilan pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan yang penulis kerjakan ditentukan oleh sejumlah faktor teknis dan non teknis. Faktor teknis adalah penguasaan teknologi seperti pemrograman dan basis data. Faktor non teknis antara lain kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dalam tim, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan, dan motivasi untuk mempelajari hal-hal baru. i