ABSTRAK
Customer Relationship Management (CRM) dipercaya sebagai langkah
strategis perusahaan yang merupakan senjata dalam meningkatkan keunggulan
bersaing. Dalam menerapkan strategi CRM yang dapat mendukung strategi bisnis,
maka konsep CRM harus dipandang sebagai satu kesatuan dari strategi bisnis
perusahaan yang perlu diaplikasikan pada perusahaan teknologi informasi.
Sayangnya aplikasi konsep CRM tidaklah mudah, karena CRM memiliki
kompleksitas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, melaksanakan metode formal
dengan menggunakan kerangka CRM sangatlah penting. Namun demikian
penerapan kerangka CRM di perusahaan juga tidak mudah, karena banyaknya
penulis yang mengeluarkan kerangka CRM dengan sudut pandang yang berbedabeda.
Maka dari itu, penggunaan metode yang tepat dalam menganalisa kerangka
CRM yang akan diadopsi atau diadaptasi menjadi sangat penting, dengan harapan
dapat digunakan sebagai acuan dalam menghasilkan arsitektur sistem CRM yang
terbaik untuk perusahaan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa bagaimana memilih
kerangka CRM yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan menggunakannya
sebagai acuan dalam menganalisa kebutuhan CRM dalam rangka membuat
komponen arsitektur sistem informasi CRM. Adapun metodologi penelitian
dengan menggunakan studi kasus dengan cara mengadakan wawancara, survei
dan pengumpulan data-data yang ada.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerangka Gartner merupakan
kerangka CRM yang paling sesuai untuk diterapkan pada perusahaan TI,
khususnya pada studi kasus P.T. X. Adapun komponen CRM yang dihasilkan
dari penelitian ini terdiri dari komponen visi dan strategi CRM, komponen
penciptaan nilai, komponen perbaikan proses bisnis dan komponen
pengorganisiran informasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan
Model CRM berbasis TI yang cocok untuk diterapkan pada perusahaan TI,
terutama pada P.T. X.
Kata kunci: CRM, Manajemen Hubungan Pelanggan,
Kerangka CRM, Sistem Informasi CRM
xiii+144 halaman; 24 gambar; 33 tabel; 2 lampiran
Daftar acuan : 43 (1997-2008)
|
|