ABSTRAK Keberhasilan mengeksekusi strategi di dalam sebuah organisasi besar membutuhkan kepemimpinan yang kuat. Tim perubahan membutuhkan keseriusan dalam menghadapi tantangan dan pengembangan organisasi. Reformasi organisasi di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia merupakan langkah yang besar. Upaya yang sangat besar ini ditujukan kepada manajemen perubahan dan eksekusi strategi. Faktor-faktor seperti: tujuan-tujuan atau sasaran-sasaran, kultur, strategi, tugas, teknologi, orang-orang (manusia) dan struktur organisasi perlu dipertimbangkan ketika pemerintahan baru dibentuk. Sebuah sistem informasi diperlukan untuk meningkatkan pemerintahan dan pelayanan. Pendekatan ini dapat diurai dalam tiga pemikiran manajerial. Pertama berupa pemahaman, pengukuran, dan pembedahan kinerja sumber daya manusia, penggunaan sistem informasi untuk sekarang maupun untuk waktu mendatang agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat di seluruh wilayah negara. Kedua, berupa pemahaman, pengukuran, pemetaan, dan manajemen atas proses bisnis yang sekarang dan yang potensial untuk dikembangkan. Terakhir berupa pemahaman, pengukuran, manajemen, dan pengembangan sumber daya utama yang fundamental bagi perusahaan. Kata kunci : Strategi Manajemen Perubahan, Sistem Informasi xi+115 halaman; 30 gambar; 22 tabel; 6 lampiran; Daftar Acuan: 22 (1951-2008)