ABSTRAK
Keberhasilan mengeksekusi strategi di dalam sebuah organisasi besar
membutuhkan kepemimpinan yang kuat. Tim perubahan membutuhkan
keseriusan dalam menghadapi tantangan dan pengembangan organisasi.
Reformasi organisasi di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Republik Indonesia merupakan langkah yang besar. Upaya yang sangat besar ini
ditujukan kepada manajemen perubahan dan eksekusi strategi. Faktor-faktor
seperti: tujuan-tujuan atau sasaran-sasaran, kultur, strategi, tugas, teknologi,
orang-orang (manusia) dan struktur organisasi perlu dipertimbangkan ketika
pemerintahan baru dibentuk.
Sebuah sistem informasi diperlukan untuk meningkatkan pemerintahan
dan pelayanan. Pendekatan ini dapat diurai dalam tiga pemikiran manajerial.
Pertama berupa pemahaman, pengukuran, dan pembedahan kinerja sumber daya
manusia, penggunaan sistem informasi untuk sekarang maupun untuk waktu
mendatang agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh
masyarakat di seluruh wilayah negara. Kedua, berupa pemahaman, pengukuran,
pemetaan, dan manajemen atas proses bisnis yang sekarang dan yang potensial
untuk dikembangkan. Terakhir berupa pemahaman, pengukuran, manajemen, dan
pengembangan sumber daya utama yang fundamental bagi perusahaan.
Kata kunci : Strategi Manajemen Perubahan, Sistem Informasi
xi+115 halaman; 30 gambar; 22 tabel; 6 lampiran; Daftar Acuan: 22 (1951-2008)
|
|