ABSTRAK
ABSTRAK
Sistem kesehatan di seluruh wilayah Indonesia mengalami berbagai tantangan yang
sangat berat. Krisis moneter tahun 1997 mengakibatkan pemotongan besar-besaran
anggaran sektor kesehatan yang berakibat pada kekurangan obat-obatan dan berbagai
sarana dan prasaran kesehatan lainnya. Proses desentralisasi di tahun 1999 menjadikan
sistem informasi kesehatan terfragmentasi dan menurunnya koordinasi di berbagai sektor.
Pemerintah daerah tingkat Kabupaten/Kota kurang faham pada peran mereka, dan lebih
jauh lagi kurangnya insentif dan rendahnya kemampuan teknis semakin memperburuk
keadaan. Departemen Kesehatan berharap pemerintah daerah secara sukarela
menyampaikan laporan secara teratur. Yang terjadi justru timbulnya banyak kesalahan
data dan pengiriman data tertunda.
eHealth dengan mendayagunakan ICT secara optimal akan menjadikan layanan
kesehatan lebih efektif dan efisien. eHealth juga merupakan saran yang memungkinkan
penyediajasa kesehatan menerapkan standar layanan terbaik untuk mningkatkan kualitas
dan keamanan layanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa peran
eHealth sebagai kerangka strategis untuk memperkuat sistem informasi kesehatan. Tesis
ini juga memberikan gambaran tentang hal-hal penting yang perlu ditingkatkan dalam
organisasi dan infrastruktur sistem kesehatan.
Kata kunci: eHealth, Sistem Informasi Kesehatan, Kerangkakerjastrategis , Teknologi
Informasi
ix+68 halaman; 17 figures; 4 tabel; 4 lampiran
Daftar acuan: 50 (1992-2008)
iii
|