PT XXYYZZ merupakan salah satu perusahaan ternama yang bergerak di bidang teknologi
seluler dan jaringan di Indonesia. PT XXYYZZ berencana untuk memperbaharui sistem customer
relationship management miliknya, yaitu sistem yang mengelola customer care, service
provisioning serta card and voucher management. Pengerjaan sistem ini dipercayakan kepada PT
Accenture selaku penyedia jasa konsultasi di bidang teknologi informasi. Pengerjaan keseluruhan
sistem ini dinamakan sistem i-Care. Dalam proses card and voucher management, terdapat beberapa
tahapan yang terjadi selama proses bisnis tersebut, mulai dari request produksi kartu dan voucher
hingga penyimpangan (inventory) di dalam gudang. Selama berjalannya proses bisnis itu, semua
data dan informasi mengenai card, voucher dan MSISDN disimpan dan diambil dari sebuah
subsistem, yaitu FOSS (Fulfillment Operation Support System).
Pada subsistem FOSS, diperlukan sebuah modul reporting untuk mengetahui status dari kartu
dan voucher yang dikelola. Subsistem FOSS memang sudah memiliki beberapa report yang built-in,
namun untuk mendukung dan meningkatkan kinerja PT XXYYZZ secara spesifik, diperlukan report
lain yang dibuat secara unik untuk sistem pengelolaan PT XXYYZZ. Tujuan dari modul reporting
ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai pengelolaan kartu dan voucher yang dimiliki oleh
PT XXYYZZ. Dengan memanfaatkan informasi ini, pengguna dapat mengetahui keadaan terkini
dari kartu dan voucher yang dikelola oleh PT XXYYZZ serta mendapatkan informasi yang
dibutuhkan untuk memasuki langkah berikutnya dalam business process pengelolaan kartu dan
voucher. Kerja praktik ini meliputi implementasi report yang diperlukan untuk mendapatkan
informasi mengenai card dan voucher yang dibuat secara manual oleh tim developer. Jumlah report
yang akan dibuat oleh pelaksana kerja praktik meliputi 7 buah report, integrasi dari 4 report, serta
Excel Macro sebagai tindak lanjut dari salah satu report.
Kerja praktik ini dijadwalkan untuk dikerjakan selama 6 minggu. Pada akhir periode
pelaksanaan kerja praktik tersebut, pelaksana kerja praktik berhasil menyelesaikan ketujuh buah
report dan Excel Macro yang ditugaskan. Report dan macro yang dikerjakan ini diserahkan kepada
tim card and voucher management beserta dengan dokumentasi yang diperlukan.
x + 64 halaman; 7 lampiran; 11 gambar; 12 tabel
Bibliografi : 9 (2001 – 2008)
|
|