Salah satu produk yang ditawarkan oleh IBM adalah IBM Systems i atau dikenal
juga dengan istilah IBM iSeries. IBM iSeries ini digunakan di berbagai sektor industri,
diantaranya IT (Information Technology), Banking & Financial Services, dan manufaktur.
Salah satu layanan yang diberikan kepada pelanggan IBM iSeries adalah membantu
pelanggan ketika produk IBM iSeries yang mereka gunakan mengalami gangguan. Hal
yang akan dilakukan adalah melakukan instalasi PTF (Program Temporary Fix), yaitu
program yang digunakan oleh IBM untuk membantu pelanggan dalam menangani
gangguan pada sistem.
Data pencatatan permintaan PTF yang ada sampai saat ini belum dapat
terdokumentasi dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem pencatatan PTF
yang lebih baik, yaitu sistem PTF Management. Sistem yang dikembangkan ini akan
memiliki fungsi utama sebagai library management, yaitu mengatur semua data PTF
yang masuk ke dan keluar dari IBM. Sistem PTF Management yang dikembangkan
merupakan sistem yang berbasis web dan memiliki 20 fitur atau fungsi utama. Peranan
dari pengguna sistem ini dibedakan menjadi dua yaitu Administrator dan Regular
Employee. Secara umum, pengguna dari sistem PTF Management adalah semua staf
IBM yang berada di Departemen i&p Series.
Dengan berakhirnya masa kerja praktik yang dilaksanakan di PT IBM Indonesia,
maka sistem PTF Management pun berhasil dikembangkan dengan baik dan sesuai
dengan yang diharapkan. Selain itu, berbagai dokumentasi sistem juga berhasil
diselesaikan dengan baik seperti diagram-diagram serta user manual dari sistem. Akhir
kata, pelaksanaan kerja praktik ini telah memberikan hasil yang memuaskan, baik
kepada pihak IBM maupun pelaksana kerja praktik (pelaksana KP) sendiri.
xi + 70 halaman; 13 gambar; 10 tabel; 9 lampiran
Bibliografi: 8 (1996 - 2008)
iii
KATA PENGANTAR
|
|