PT IBM Indonesia merupakan perusahaan teknologi informasi yang
menyediakan solusi perangkat keras, perangkat lunak, pelayanan teknologi informasi,
dan konsultasi bisnis. Dalam menyediakan pelayanan terutama bagi klien yang membeli
produk perangkat keras, PT IBM Indonesia menggunakan sistem panggilan (call) yang
bisa dibuat oleh setiap klien. Setiap panggilan akan dicatat beserta dengan rangkaian
kejadian yang menyertainya. Untuk memberikan pelayanan yang baik, PT IBM
Indonesia membutuhkan suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai data
panggilan terutama panggilan yang belum ditangani hingga selesai (unclosed) agar
kegiatan pemantauan (monitoring) terhadap panggilan-panggilan tersebut dapat
dilakukan dengan lebih mudah. Sistem ini dinamakan Unclosed Call Monitoring
System.
Unclosed Call Monitoring System akan memberikan rangkuman dan rincian
informasi mengenai panggilan yang belum ditangani hingga selesai. Semua informasi
akan diambil dari data yang telah dicatat pada sistem lain yang dinamakan RCMS
(Retain Call Management System). Fungsi utama dari Unclosed Call Monitoring System
adalah mengambil data dari RCMS dan menampilkan informasi dalam bentuk laporan.
Laporan akan ditampilkan dalam website. Ada 10 fitur atau fungsi utama yang bisa
dilakukan oleh Unclosed Call Monitoring System. Pengguna dari sistem ini adalah staf
manajemen pada divisi Global Technology Services.
Dalam periode pelaksanaan kerja praktik, penulis berhasil menyelesaikan
Unclosed Call Monitoring System hingga pada tahap pengujian dan deployment.
Dengan demikian, sistem ini telah siap digunakan oleh PT IBM Indonesia.
|
|