Sebuah pelaksanaan kerja praktik telah dilaksanakan oleh Novi Indriyani dan Rina
Violyta pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembayaran elektronis
yaitu PT. Artajasa. PT. Artajasa Pembayaran Elektronis merupakan anak perusahaan
dari PT. Aplikanusa Lintasarta (LINTASARTA) yang menyediakan jasa pelaporan bank
secara elektronis. Langkah ini kemudian berkembang menjadi jaringan ATM Bersama
pada tahun 1990. Dalam tiap transaksi keuangan yang ditangani secara elektronis,
seringkali terjadi permasalahan yang dialami oleh nasabah. Dalam keadaan demikian,
seorang nasabah dapat langsung menghubungi penyedia jasa layanan (PT. Artajasa)
melalui staf customer care dan memberikan penjelasan mengenai masalah yang
dihadapi.
Staf customer care PT. Artajasa sebenarnya telah memiliki sebuah sistem sederhana
yang dapat menyimpan komplain yang diajukan pelanggan, namun sistem ini masih
memiliki keterbatasan. Keterbatasan yang dimiliki oleh sistem ini antara lain hanya
dapat menyimpan komplain yang berhubungan dengan sejumlah problem tertentu saja,
selain itu ruang lingkup sistem ini tidak terlalu luas sehingga tidak dapat membantu staf
customer care dalam memeriksa dokumen Standar Pengoperasian Produk maupun
Spesifikasi Teknis yang dapat membantu mereka dalam menangani masalah yang
diajukan nasabah.
Pelaksanaan kerja praktik yang dilakukan meliputi implementasi sistem penanganan
komplain yang dimulai dari awal (tidak memperluas sistem yang telah ada). Sistem ini
terdiri dari sejumlah modul, yaitu penanganan komplain (penyimpanan, penyelesaian
dan peng-eskalasian komplain baru, tertunda, eskalasi komplain baru, tertunda,
reeskalasi komplain baru serta reeskalasi komplain tertunda), pencarian problem dan
solusi, standardisasi penanganan problem beserta solusinya, pengaturan data
pendukung (data produk, institusi, delivery channel, dokumen Standar Pengoperasian
Produk, dokumen Spesifikasi Teknis, staf, grup pengguna serta level akses), penyajian
data statistik (statistik komplain pada institusi, produk, serta statistik komplain dan
4
eskalasi komplain untuk melihat kinerja staf), serta sejumlah fungsionalitas lain yang
mendukung pengoperasian sistem ini (membuka dokumen, mengekspor data ke dalam
format Microsoft Excel serta pengubahan password bagi pengguna sistem)
|
|