Sebuah pelaksanaan kerja praktik telah dilaksanakan oleh Novi Indriyani dan Rina Violyta pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembayaran elektronis yaitu PT. Artajasa. PT. Artajasa Pembayaran Elektronis merupakan anak perusahaan dari PT. Aplikanusa Lintasarta (LINTASARTA) yang menyediakan jasa pelaporan bank secara elektronis. Langkah ini kemudian berkembang menjadi jaringan ATM Bersama pada tahun 1990. Dalam tiap transaksi keuangan yang ditangani secara elektronis, seringkali terjadi permasalahan yang dialami oleh nasabah. Dalam keadaan demikian, seorang nasabah dapat langsung menghubungi penyedia jasa layanan (PT. Artajasa) melalui staf customer care dan memberikan penjelasan mengenai masalah yang dihadapi. Staf customer care PT. Artajasa sebenarnya telah memiliki sebuah sistem sederhana yang dapat menyimpan komplain yang diajukan pelanggan, namun sistem ini masih memiliki keterbatasan. Keterbatasan yang dimiliki oleh sistem ini antara lain hanya dapat menyimpan komplain yang berhubungan dengan sejumlah problem tertentu saja, selain itu ruang lingkup sistem ini tidak terlalu luas sehingga tidak dapat membantu staf customer care dalam memeriksa dokumen Standar Pengoperasian Produk maupun Spesifikasi Teknis yang dapat membantu mereka dalam menangani masalah yang diajukan nasabah. Pelaksanaan kerja praktik yang dilakukan meliputi implementasi sistem penanganan komplain yang dimulai dari awal (tidak memperluas sistem yang telah ada). Sistem ini terdiri dari sejumlah modul, yaitu penanganan komplain (penyimpanan, penyelesaian dan peng-eskalasian komplain baru, tertunda, eskalasi komplain baru, tertunda, reeskalasi komplain baru serta reeskalasi komplain tertunda), pencarian problem dan solusi, standardisasi penanganan problem beserta solusinya, pengaturan data pendukung (data produk, institusi, delivery channel, dokumen Standar Pengoperasian Produk, dokumen Spesifikasi Teknis, staf, grup pengguna serta level akses), penyajian data statistik (statistik komplain pada institusi, produk, serta statistik komplain dan 4 eskalasi komplain untuk melihat kinerja staf), serta sejumlah fungsionalitas lain yang mendukung pengoperasian sistem ini (membuka dokumen, mengekspor data ke dalam format Microsoft Excel serta pengubahan password bagi pengguna sistem)