Pengelolaan data pokok reporting parties dan hasil audit pada Direktorat Pengawasan
Kepatuhan di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan selama ini belum
berjalan dengan baik. Data reporting parties yang jumlahnya ribuan tersebar di
beberapa komputer milik staf direktorat tersebut. Dampaknya, ada data reporting
parties yang redundan sehingga dibutuhkan tenaga lebih untuk mencari data yang
paling mutakhir.
DPK memerlukan sebuah aplikasi untuk mengelola data pokok reporting parties dan
hasil auditnya secara terpusat. DPK juga memerlukan aplikasi yang berfungsi untuk
menampilkan grafik statistik dari data pokok reporting parties. Tampilan grafik
tersebut harus dapat dikustomisasi sesuai keperluan DPK. Fungsionalitas lain yaitu
pembuatan laporan hasil audit dalam format Word Document. Semua fungsionalitas itu
tercakup dalam sebuah aplikasi berbasis web bernama “Reporting Parties and Audit
Management System”. Aplikasi inilah yang dikembangkan oleh tim penulis selama
masa kerja praktik.
Secara umum, pelaksanaan kerja praktik yang penulis alami berjalan dengan lancar
dan pengguna dari sistem ini merasa puas. Namun demikian, ada beberapa hal yang
bergeser dari kerangka acuan kerja praktik. Pergeseran itu telah dikomunikasikan baik
secara internal tim pelaksana Kerja Praktik (KP) atau pun secara bersama oleh
pelaksana KP, penyelia, dan pembimbing KP. Selain itu, ada beberapa permasalahan
teknis yang dihadapi saat pengembangan sistem. Tahapan demi tahapan
pengembangan mulai dari komunikasi awal, pengumpulan masalah, analisis & desain,
implementasi & pengujian, sampai tahap deployment sistem beserta berbagai
permasalahan yang dihadapi, penulis paparkan dalam laporan ini.
|
|