Pengelolaan data pokok reporting parties dan hasil audit pada Direktorat Pengawasan Kepatuhan di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan selama ini belum berjalan dengan baik. Data reporting parties yang jumlahnya ribuan tersebar di beberapa komputer milik staf direktorat tersebut. Dampaknya, ada data reporting parties yang redundan sehingga dibutuhkan tenaga lebih untuk mencari data yang paling mutakhir. DPK memerlukan sebuah aplikasi untuk mengelola data pokok reporting parties dan hasil auditnya secara terpusat. DPK juga memerlukan aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan grafik statistik dari data pokok reporting parties. Tampilan grafik tersebut harus dapat dikustomisasi sesuai keperluan DPK. Fungsionalitas lain yaitu pembuatan laporan hasil audit dalam format Word Document. Semua fungsionalitas itu tercakup dalam sebuah aplikasi berbasis web bernama “Reporting Parties and Audit Management System”. Aplikasi inilah yang dikembangkan oleh tim penulis selama masa kerja praktik. Secara umum, pelaksanaan kerja praktik yang penulis alami berjalan dengan lancar dan pengguna dari sistem ini merasa puas. Namun demikian, ada beberapa hal yang bergeser dari kerangka acuan kerja praktik. Pergeseran itu telah dikomunikasikan baik secara internal tim pelaksana Kerja Praktik (KP) atau pun secara bersama oleh pelaksana KP, penyelia, dan pembimbing KP. Selain itu, ada beberapa permasalahan teknis yang dihadapi saat pengembangan sistem. Tahapan demi tahapan pengembangan mulai dari komunikasi awal, pengumpulan masalah, analisis & desain, implementasi & pengujian, sampai tahap deployment sistem beserta berbagai permasalahan yang dihadapi, penulis paparkan dalam laporan ini.