IBM merupakan suatu perusahaan yang sudah sejak lama bergerak dibidang IT, dan sampai sekarang merupakan perusahaan IT terbesar di dunia. PT IBM INDONESIA yang merupakan cabang perusahaan dari IBM yang terletak di Indonesia bergerak dibidang perangkat keras, perangkat lunak, servis, dan konsultasi bisnis. PT IBM INDONESIA memliki suatu divisi khusus yang berkonsentrasi dalam bidang bisnis servis, yaitu GTS (Global Technologies Services). Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para klien, divisi GTS memerlukan suatu sistem yang dapat membantu mempermudah pemantauan perkembangan proyek-proyek yang sedang ditangani oleh divisi GTS. Sistem inilah yang kemudian disebut Technical Services Project Monitoring System yang juga menjadi topik kerja praktik yang dilakukan oleh penulis. Technical Services Project Monitoring System ini akan menyajikan suatu informasi mengenai perkembangan proyek-proyek yang ditangani oleh divisi GTS PT IBM INDONESIA. Sistem ini akan mengambil informasi mengenai proyek tersebut dari database TS Pipeline dan Asean E-Bid, yang merupakan database utama yang menyimpan semua informasi lengkap mengenai proyek-proyek, lalu menyajikan informasi-nformasi tersebut dalam bentuk laporan. Laporan tersebut akan digunakan oleh pihak manajemen divisi GTS PT IBM INDONESIA untuk melakukan pemantauan terhadap perkembangan proyek-proyek yang mereka tangani agar tidak melanggar batasan-batasan yang telah disepakati dengan klien. Hal ini akan memberikan kemudahan dan otomasi bagi proses pemantauan tersebut, sehingga dapat meminimalkan human error. Selama periode pelaksanaan kerja praktik, penulis telah berhasil mengembangkan Technical Services Project Monitoring System sampai pada tahap uji coba dan deployment. Dengan demikian sistem tersebut telah siap digunakan oleh PT IBM Indonesia.