Kemajuan teknologi seharusnya mampu menyentuh segala macam aspek
termasuk pendidikan. Pendidikan yang memanfaatkan teknologi pada era informasi
ini adalah sebuah kemutlakan. Betapa pentingnya teknologi informasi mampu
menunjang pendidikan telah dirasakan di Fakultas Imu Komputer Universitas
Indonesia dengan pemanfaatan Student Centered E-Learning Environment (SCELE)
berbasis Moodle. Untuk itu, pengembangan teknologi informasi yang menunjang
pendidikan seharusnya juga mampu diimplementasikan pada tingkat pendidikan
menengah.
Dalam kerja praktik ini, penulis mencoba mengembangkan sebuah sistem
yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan pada tingkat sekolah menengah.
Dengan SCELE for School yang berbasis Moodle dan telah mengalami penyusutan
fitur yang disesuaikan dengan level pendidikan menengah, diharapkan mampu
memberi outcome yang baik pada kemajuan pendidikan nasional, khususnya
pendidikan menengah.
Kerja praktik ini penulis laksanakan sejak 9 Oktober 2008 hingga 13
Desember 2008, bergeser sekitar 1 minggu dari rencana awal. Penulis menggunakan
metode Waterfall, meski dalam pelaksanaannya cenderung berubah menjadi
prototyping model. Aplikasi yang dikembangkan merupakan aplikasi berbasis web
yang menggunakan bahasa PHP dan basis data MySQL. Saat ini, status kerja praktik
penulis adalah sekitar 10% selesai dalam tahap implementasi.
Dalam laporan ini penulis berusaha untuk menjelaskan mengenai rangkaian
pelaksanaan kerja praktik yang dilakukan penulis, mulai dari analisis sistem yang
akan dikembangkan sampai dengan implementasi kerja praktik.
59 halaman.; 28 gambar; 4 tabel
Bibliografi: 6 (2005-2008)
Kata Kunci: e-learning, Moodle, SCELE, SCELE for School
|
|