Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT Philips Indonesia memiliki Best
Partner (BP) dan Depo (cabang dari BP) yang merupakan perusahaan rekanan dan
bertindak sebagai distributor produk Philips pada area tertentu dan tersebar di
seluruh Indonesia. Dari setiap BP tersebut, PT Philips Indonesia menginginkan
informasi mengenai stok barang dan hasil penjualan yang terjadi dari setiap
BP sedini mungkin. Untuk melaksanakan hal itu, PT Philips Indonesia memiliki suatu
sistem pengiriman yang disebut Data Replication Service (DRS). Pada sistem ini,
terdapat beberapa replication item yang mewakili informasi yang diperlukan oleh
PT Philips dari setiap BP nya seperti item stock dan item sales. Setiap
replication item tersebut memiliki jadwal yang telah disepakati bersama dan
diatur oleh BPmasing-masing. Replication item tersebut nantinya akan
terkirim otomatis sesuai dengan jadwal yang telah diatur tadi.
Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat beberapa masalah dalam
pengiriman replication item tersebut. Masalah tersebut dapat muncul karena
pengaturan jadwalnya yang masih belum stabil. Untuk itu, PT Philips Indonesia
merasa perlu untuk mengatur jadwal replication item sendiri yang dilakukan
dengan me-remote setiap BP yang ada. Saya selaku pelaksana kerja praktik pada
PT Philips Indonesia diberi kewenangan untuk me-remote setiap BP yang ada dan
mengatur jadwal replication item serta memastikan sistem DRS agar stabil dan
mengurangi masalah yang mungkin dan telah terjadi.
i
KATA PENGANTAR
|
|