Salah satu produk perangkat keras yang dihasilkan oleh IBM adalah IBM System i yang
dikenal juga dengan sebutan IBM iSeries. Data para pelanggan iSeries beserta produk yang
dimilikinya sangat penting karena data tersebut dapat dijadikan acuan ketika seorang
engineer iSeries akan melakukan perbaikan atau maintenance produk iSeries. Saat ini data
para pelanggan iSeries beserta daftar produk yang dimilikinya sudah tercatat dengan baik,
hanya saja proses pencatatan tersebut tidak terorganisasi dengan baik. Data-data tersebut
masih tersebar di masing-masing engineer yang menangani pelanggan tersebut. Oleh karena
itu, perlu dikembangkan sistem Customer Profile yang dapat mengorganisir data pelanggan
tersebut dengan baik.
Sistem Customer Profile merupakan suatu sistem yang dibuat untuk mengorganisasi data
pelanggan iSeries beserta produk yang dimilikinya. Sistem ini akan menampilkan data-data
pelanggan tersebut beserta server, system partition pada server yang terkait, I/O Device, serta
file-file yang berkaitan dengan pelanggan tersebut. Sistem yang terdiri dari 19 fitur ini
diharapkan dapat menjaga konsistensi data yang tercatat dengan keadaan yang sebenarnya.
Selain itu, sistem ini juga harus dapat diakses oleh seluruh staf iSeries melalui intranet PT
IBM Indonesia selama 24 jam per harinya.
Setelah melaksanakan kerja praktik di PT IBM Indonesia, pelaksana kerja praktik telah
berhasil mengembangkan sistem Customer Profile. Sistem tersebut telah dijalankan dalam
server AS/400 yang dapat diakses oleh para staf iSeries dengan menggunakan intranet PT
IBM Indonesia. Dengan adanya sistem ini diharapkan kinerja para staf iSeries dalam
menangani permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan iSeries mengenai produknya dapat
ditingkatkan karena adanya kemudahan dalam mengakses informasi keadaan pelanggan.
|
|