PT Exelcomindo Pratama dan PT Hewlett-Packard Indonesia adalah dua perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang telah melihat pengguna Internet sebagai sasaran memasarkan dan memperkenalkan produk maupun layanan-layanannya. Proses pemasaran lewat Internet tidak sama dengan proses pemasaran lewat dunia nyata, misalnya lewat iklan di media cetak maupun media elektronik. Oleh karena itu, perlu ada bentuk-bentuk pemasaran dalam bentuk kampanye online yang memang efektif untuk melakukan pemasaran di Internet. Bentuk-bentuk kampanye online yang dilakukan adalah Email Direct Marketing (EDM), landing page, dan microsite. EDM adalah bentuk kampanye online yang dikirim lewat email kepada sasaran kampanye. Landing page adalah sebuah halaman website yang memiliki informasi tentang suatu produk. Sedangkan microsite adalah sebuah website ‘mini’ yang hanya aktif dalam waktu beberapa bulan saja. Dalam Kerja Praktik yang dilakukan selama 8 (delapan) minggu ini, pelaksana KP telah membuat 12 buah EDM dan 6 buah landing page untuk PT Hewlett-Packard Indonesia. Satu buah microsite bagi PT Exelcomindo Pratama juga telah dibuat sekaligus dilakukan maintenance. vii + 27 halaman; 6 lampiran; 11 gambar; 2 tabel Bibliografi: 2 (2008)