ABSTRAK
ABSTRAK
Partai Politik adalah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh
sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan
kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik
anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan NKRI
berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Tujuan politik sebuah partai politik dapat diwujudkan jika partai politik
tersebut dapat mencapai kedudukan politik tertentu, yang ditentukan dari kuantitas
perolehan suara dalam pemilu. Sebagai bagian dari sistem politik di Indonesia,
setiap partai politik tunduk pada undang-undang politik yang berlaku dan
memiliki kewajiban untuk melaksanakan beberapa fungsi antara lain sebagai
sarana pendidikan politik, sebagai sarana penyerap, penghimpun, dan penyalur
aspirasi politik masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara,
dan sebagai sarana rekrutmen politik dalam proses pengisian jabatan politik.
Untuk mencapai tujuan politik dan memenuhi fungsi tersebut, setiap
parpol memiliki strategi politik, yang mencakup organisasi, sumber daya manusia
dan pemenangan pemilu. Karya akhir ini adalah sintesa perencanaan sistem
informasi untuk partai politik melalui pendekatan marketing politik dengan studi
kasus partai X. Hasil yang diharapkan adalah sebuah strategi sistem informasi
yang dapat menjadi pedoman bagi pimpinan partai X dalam
mengimplementasikan sistem dan teknologi informasi dalam rangka mendukung
strategi politik partai demi mencapai tujuan partai.
Kata kunci: Partai Politik, Strategi Politik, Strategi Sistem Informasi
xv+111 halaman; 14 gambar; 10 tabel; 12 grafik; 5 Lampiran
Daftar acuan: 12 (1979-2008)
|